Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ford Umumkan Putaran Kedua PHK 2023, Sasar Karyawan di Amerika Serikat

Laporan tidak menyebutkan berapa jumlah karyawan yang terdampak putaran baru PHK tersebut.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ford Umumkan Putaran Kedua PHK 2023, Sasar Karyawan di Amerika Serikat
NASDAQ.COM/SHUTTERSTOCK
Produsen mobil yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Ford Motor Company dikabarkan sedang bersiap melakukan putaran kedua pemutusan hubungan kerja atau PHK. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, DETROIT – Produsen mobil yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Ford Motor Company dikabarkan sedang bersiap melakukan putaran kedua pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal (WSJ) mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, putaran baru PHK diperkirakan akan memengaruhi karyawan Ford di divisi kendaraan listrik (EV) dan perangkat lunak yang berada di AS.

Namun, WSJ tidak menyebutkan berapa jumlah karyawan yang terdampak putaran baru PHK tersebut.

Baca juga: Softbank PHK Lagi 13 Persen Karyawan Vision Fund

Adapun putaran baru PHK yang dilakukan Ford datang setelah Stellantis NV dan General Motors mengatakan mereka menawarkan pembelian karyawan.

Terlepas dari itu, kenaikan harga dan permintaan yang kuat untuk kendaraan baru telah membantu Ford mengatasi beberapa tantangan inflasi, meskipun biaya bahan baku yang lebih tinggi tetap menjadi tantangan.

Pembuat mobil juga telah mencoba untuk mengendalikan biaya pada bisnis kendaraan listrik mereka yang mahal.

BERITA REKOMENDASI

Ford PHK 1.100 Karyawan di Spanyol

Pada Maret 2023, Ford juga telah memangkas 1.100 karyawannya yang bekerja di fasilitas manufaktur Valencia, Spanyol Timur.

Menurut informasi yang beredar saat itu, pemangkasan tersebut dilakukan perusahaan untuk menekan pembengkakan kerugian pabrik.

"Ford akan bekerja secara konstruktif dengan mitra serikatnya untuk mengurangi dampak pemisahan karyawan, keluarga mereka, dan masyarakat setempat," kata juru bicara Ford, dalam pengumuman resminya, Jumat (10/3/2023).

Sebelum resmi memangkas sebagian karyawannya yang ada di pabrik Valencia, Ford diketahui telah lebih dulu menghentikan rencana perakitan minivan Galaxy dan mobil mirip station wagon S-Max di Spanyol.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas