Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

VKTR Selesaikan Perakitan 9 Unit Bus Listrik di Pabrik Magelang

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk menyelesaikan perakitan 9 unit bus listrik di fasilitas perakitan hasil kerjasama VKTR dengan Karoseri Trisakti.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in VKTR Selesaikan Perakitan 9 Unit Bus Listrik di Pabrik Magelang
Tribunnews/Choirul Arifin
COO VKTR Teknologi Mobilitas Tbk Ludiatmo di acara diskusi Hak-hak Konsumen & Kelengkapan Keselamatan Kendaraan yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk menyelesaikan perakitan 9 unit bus listrik 12 meter di fasilitas perakitan hasil kerjasama VKTR dengan Karoseri Tri Sakti di Magelang, Jawa Tengah.

"Saat ini 9 unit bus listrik sedang kami assembly dengan fasilitas CKD yang diberikan pemerintah kepada kami," ungkap COO VKTR Teknologi Mobilitas Tbk Ludiatmo di acara diskusi Hak-hak Konsumen & Kelengkapan Keselamatan Kendaraan yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif sela pameran otomotif GIIAS 2023 di Hotel Santika, ICE BSD Tangerang, Rabu 16 Agustus 2023.

Ludiatmo mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan 52 unit bus listrik ke Pemprov DKI Jakarta dan bus-bus tersebut sudah dioperasikan oleh PT Transjakarta untuk angkutan bus kota yang ramah lingkungan di beberapa rute di Kota Jakarta seperti Blok M-Tanah Abang.




Unit bus listrik merek BYD yang paling baru dikirim ke Transjakarta sebanyak 22 unit dengan baterai yang lebih pipih dan kini dioperasikan untuk rute bus kota Lebak Bulus-UI.

Bagi VKTR, pemerintah daerah merupakan pasar bus listrik yang sangat potensial digarap.

"Pada 27 Agustus kami bikin acara dengan Pemprov Jawa Barat untuk implementasi bus listrik di Kota Bandung. Bekerja sama dengan World Bank kami juga melakukan pengadaan bus listrik di Kota Surabaya dan Medan," beber Ludianto.

Dia menambahkan, VKTR juga sudah melakukan penjajakan pengadaan bus listrik untuk angkutan kota di Koota Yogyakarta dan Samarinda.

BERITA TERKAIT

Pihaknya juga sedang bersiap memasukkan bus listrik untuk moda transportasi di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur.

Ludianto menambahkan, ke depan perusahaannya akan bisa melakukan perakitan bus listrik secara lokal di Indonesia melalui pembentukan perusahaan patungan dengan Karoseri Trisakti Magelang dengan nama PT VKTR Sakti Industries.

Baca juga: Transjakarta Targetkan 100 Bus Listrik Beroperasi Tahun Ini Guna Tekan Polusi Udara Ibu Kota

"Per Minggu kemarin kami bisa melalukan perakitan kendaraan listrik. Dengan Karoseri Trisakti kami membuat perusahaan joint centure yang didukung pabrikan BYD yang memiliki teknologi kendsraan listrik ini. Fasilitas produksi bus listriknya berdiri di area tersendiri di Karoseri Trisakti yang khusus untuk memproduksi kendaraan listrik," bebernya.

Menurut Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono, fasilitas perakitan ini didukung luas bangunan 1,8 hektar di atas lahan seluas 4,05 hektar dengan kapasitas produksi mencapai 1.500 unit per tahun atau sekitar 6 unit per hari pada tahap awal.

Baca juga: Pabrik VKTR di Karoseri Tri Sakti Magelang Bisa Produksi 6 Unit Bus Listrik Per Hari

Fasilitas produksi ini bisa merakit sasis, cabin, pengelasan, pengecatan, general assembly, trimming, debugging, retrifikasi untuk body & function test, rear truck body, final audit, sampai testing.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas