Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Menperin Agus Gumiwang Beri Petunjuk Lokasi Pabrik Mobil VinFast di Indonesia, Ini Tempatnya

VinFast memastikan berinvestasi sebesar 1,2 miliar dolar AS atau setara Rp 18 triliun untuk membangun pabrik dan produksi kendaraan listrik di RI.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menperin Agus Gumiwang Beri Petunjuk Lokasi Pabrik Mobil VinFast di Indonesia, Ini Tempatnya
Forbes
Mobil listrik VinFast VF 8. VinFast akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pabrikan mobil asal Vietnam, yakni VinFast dikabarkan tengah menyiapkan fasilitas produksi mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) mereka di Indonesia.

Sayangnya, belum terlalu jelas dimana pabrik tersebut akan dibangun dan kapan mulai pembangunan maupun produksi perdananya berlangsung.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyebut langkah VinFast untuk berinvestasi di Indonesia sangat serius, dimana perusahaan telah memilih Jawa Barat sebagai lokasi pabriknya.

Baca juga: VinFast Pasok 600 Mobil Listrik ke Tiga Perusahaan Indonesia untuk Kendaraan Operasional

"Vinfast akan bangun pabrik dan sepertinya mereka sudah lock di satu daerah di Purwakarta. Upaya mereka membangun fasilitas produksi sangat serius. Sekarang tinggal masalah lahan yang harus disesuaikan, di-secure atau di lock oleh mereka," tutur Agus di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Sejak awal kehadirannya, VinFast memastikan berinvestasi sebesar 1,2 miliar dolar AS atau setara Rp 18 triliun untuk membangun pabrik dan produksi kendaraan listrik di Indonesia.

Pada tahap awal pembangunan pabrik, VinFast kabarnya akan menggelontorkan dana sebesar 200 juta dolar AS, yang akan dimulai tahun 2024.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas