Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Bullying di Sekolah, Psikologi UMS dan University of Leeds-UK Gelar Workshop

Acara Workshop UMS dan University of Leeds-UK diselenggarakan dalam rangka mengurangi dan mengantisipasi maraknya perundungan di lingkungan sekolah.

Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Antisipasi Bullying di Sekolah, Psikologi UMS dan University of Leeds-UK Gelar Workshop
Dok. UMS
Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan University of Leeds-United Kingdom, dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten, menggelar Workshop Pemberdayaan SDM Dalam Rangka Pencegahan Bullying. 

TRIBUNNEWS.COM - Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan University of Leeds-United Kingdom, dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten, menggelar Workshop Pemberdayaan SDM Dalam Rangka Pencegahan Bullying.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka mengurangi dan mengantisipasi maraknya perundungan di lingkungan sekolah.

Workshop diselenggarakan pada Senin, 7 November 2022 di SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten, dari jam 08.00 WIB hingga jam 12.30 WIB.




Acara tersebut merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi UMS dan University of Leeds, UK.

Workshop diikuti oleh 30 guru dan 50 siswa SMP Muhammadiyah 7 Bayat, menurut rilis dari UMS yang diterima Tribunnews.com.

Tim Workshop dari kalangan dosen Fakultas Psikologi UMS terdiri dari Dr. Wiwien Dinar Pratisti, S.Psi, M.Si, Psikolog; Dr. Eny Purwandari, S.Psi, M.Si; Lusi Nuryanti, S.Psi, M.Si, Ph.D, Psikolog; Permata Ashfi Raihana S.Psi, M.A; Fiska Puspa Arinda, S.Psi, M.Psi, Psikolog; dan Sudinadji, S.Psi, M.Psi.

Baca juga: Empat Siswa SMK di Cilincing Jakarta Utara Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Bullying

Workshop ini juga melibatkan para mahasiswa, yakni Aruny Amalia Syahida, Prilia Zulfatur Rohmah dan Yeni Mulati dari Magister Psikologi; serta Husain Ali Asy-Syafi’i, Galang Kuncoro Adi dan Ibrohim Hanif Abdulloh dari program S1 Psikologi.

BERITA TERKAIT

Sementara, dari University of Leeds, UK, diwakili oleh Dr. Ghazala Mir.

Workshop tersebut terbagi di dua kelas yakni kelas untuk guru dan kelas untuk siswa.

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan University of Leeds-United Kingdom, dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten, menggelar Workshop Pemberdayaan SDM Dalam Rangka Pencegahan Bullying.
Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan University of Leeds-United Kingdom, dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten, menggelar Workshop Pemberdayaan SDM Dalam Rangka Pencegahan Bullying. (Dok. UMS)

Pada sesi pertama disampaikan materi dan diskusi tentang tentang pengertian bullying, tipe-tipe bullying dan dampak bullying secara psikologis.

Bagian kedua berupa materi dan diskusi tentang penanganan korban-pelaku-saksi bullying serta upaya-upaya pencegahannya.

“Banyak kasus, bullying menimbulkan trauma yang lama menetap pada benak seseorang meskipun dia telah dewasa. Bahkan, banyak kasus bunuh diri, terjadi karena sebab bullying," ujar dosen Fakultas Psikologi UMS Dr. Eny Purwandari.

Khusus di kelas siswa disampaikan materi tentang peran teman sebaya dalam problematika bullying dengan prinsip REACH, yaitu Respect, Empathy, Audible, Clarity dan Humble.

Modul penanganan bullying dengan Prinsip REACH ini disusun oleh Sudinadji, S.Psi, M.Psi, dari Magister Profesi Psikologi UMS.

Baca juga: Kontroversi Uu Ruzhanul Ulum: Sebut Bullying Hanya Candaan hingga Usul Poligami demi Tekan HIV/AIDS

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas