Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Aktivitas 3.7

Simak kunci jawaban mata pelajaran IPS Kelas 10 halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi yang ada pada Aktivitas 3.7.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Aktivitas 3.7
Buku IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Berikut adalah kunci jawaban mata pelajaran IPS Kelas 10 halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi yang ada pada Aktivitas 3.7. 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci jawaban mata pelajaran IPS Kelas 10 halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi dapat disimak di sini.

Buku IPS Kelas 10 halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, masuk pada Bab 3 yang berjudul Dinamika Masyarakat dan Lingkungan Indonesia.

Nantinya pada halaman 156 157, siswa akan dihadapkan pada Aktivitas 3.7, di mana nantinya dikerjakan secara berkelompok.




Berikut kunci jawaban IPS Kelas 10 halaman 156 157 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi:

Aktivitas 3.7

Analisis Sejarah Masa Kerajaan Islam di Nusantara

Jenis kegiatan: Tugas kelompok

Petunjuk Pengerjaan:

Pada aktivitas ini, kamu diajak untuk menganalisis atau mengurai sejarah masa kerajaan Islam di Nusantara menggunakan konsep dasar ilmu sejarah (manusia, ruang, waktu, kronologi/diakronis, sinkronis, sebab-akibat, perubahan, dan keberlanjutan). Untuk membantu proses analisis, pada tabel berikut sudah disajikan pertanyaan panduan berdasarkan setiap konsep dasar ilmu sejarah yang digunakan.

BERITA TERKAIT

1. Konsep Manusia

Siapa saja pihak yang terlibat dalam sejarah masa kerajaan Islam di Nusantara?

Hasil Analisis:

Dalam sejarah masa kerajaan Islam di Nusantara, terdapat berbagai pihak yang terlibat yang memainkan peran penting dalam perkembangan dan penyebaran Islam di kawasan ini. Berikut adalah beberapa pihak yang signifikan:

Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara:

  • Kesultanan Aceh: Terletak di ujung utara Sumatra, Aceh merupakan salah satu pusat utama penyebaran Islam di Nusantara. Kesultanan ini terkenal karena kekuatan militernya dan kontribusinya dalam perdagangan.
  • Kesultanan Malaka: Kesultanan ini berperan penting dalam perdagangan dan penyebaran Islam di kawasan Melayu. Malaka menjadi pusat perdagangan internasional dan juga pusat penyebaran Islam di Semenanjung Malaya.
  • Kesultanan Mataram: Terletak di Jawa Tengah, Kesultanan Mataram adalah salah satu kerajaan Islam besar di pulau Jawa yang berpengaruh dalam perkembangan budaya dan politik di wilayah tersebut.
  • Kesultanan Banten: Terletak di bagian barat Pulau Jawa, Banten merupakan pusat perdagangan yang penting dan pusat penyebaran Islam di wilayah tersebut.
  • Kesultanan Ternate dan Tidore: Kedua kesultanan ini berada di Maluku dan memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di bagian timur Nusantara.

Para Ulama dan Penyebar Agama:

  • Wali Songo: Kumpulan ulama yang sangat berpengaruh dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa pada abad ke-15 dan ke-16. Nama-nama seperti Sunan Kalijaga, Sunan Giri, dan Sunan Bonang adalah tokoh-tokoh terkenal di kalangan Wali Songo.
  • Syeikh Abdurrahman al-Singkili: Salah satu ulama yang berperan dalam penyebaran Islam di Aceh.

Pedagang dan Penjelajah:

  • Pedagang Arab dan Gujarat: Mereka memainkan peran penting dalam penyebaran Islam melalui jalur perdagangan. Mereka membawa ajaran Islam ke Nusantara dan seringkali menetap di sana.
  • Penjelajah Portugis dan Belanda: Meskipun mereka lebih dikenal sebagai penjajah, interaksi mereka dengan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara juga mempengaruhi dinamika politik dan ekonomi di kawasan tersebut.
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas