Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berpusat kepada Siswa, Sekolah Terapkan Filosofi Pembelajaran Ki Hadjar Dewantara

Pendekatan ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Berpusat kepada Siswa, Sekolah Terapkan Filosofi Pembelajaran Ki Hadjar Dewantara
Istimewa
Open House dan Penerimaan Siswa Baru (PSB) SoliDEO Tahun Akademik 2025-2026 di BSD, Tangerang Selatan.  

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Filosofi pembelajaran yang diajarkan oleh founding father pendidikan Indonesia, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara, berpusat kepada siswa. 

Pendidikan, menurut Ki Hadjar Dewantara, merupakan sebuah sinergi antara sekolah, masyarakat, dan pemerintah. 




Kemendikbudristek mengadopsi konsep pembelajaran ala Ki Hadjar Dewantara melalui kebijakan Merdeka Belajar. 

"Kami percara semua stakeholder mempunyai peran, dan peran kami menjadikan sekolah menjadi tempat yang nyaman dalam belajar, tempat bereksplorasi dan bagaimana siswa dapat menyalurkan ide yang muncul pada dirinya," ujar COO Sekolah Kristen SoliDEO, Reinhard Simeon Pratama melalui keterangan tertulis, Minggu (25/8/2024).

"Jadi, peran guru dapat memfasilitasi peran anak dan bisa melatih kerjasama," tambahnya.

Sementara itu, CEO & Chairwoman Sekolah Kristen SoliDEO, Khoe Ribka mengatakan pihaknya mengadopsi metode pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti filosofi Ki Hadjar Dewantara

BERITA TERKAIT

Pendekatan ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. 

"Sehingga setiap siswa memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan gaya dan minat masing-masing. Kami menekankan bagaimana anak-anak sekolah kami mampu menerapkan yang berdampak pada lingkungan keluarga dan masyarakat," ucapnya. 

Baca juga: Kemendikbudristek Pamerkan 12 Karya Siswa SMK Jurusan Tata Busana di Front Row Paris 2024

Sebagai institusi pendidikan, kata Ribka, pihaknya berupaya menciptakan lingkungan yang baik bagi semua pihak. 

"Dan kami mengembangkan seluruh tingkatan yang ada agar dari TK, SD, SMP, dan SMA agar anak-anak bisa berkompetisi di dunia global," ujar Ribka. 

Menurutnya, transformasi pendidikan ini merupakan bukti nyata dari komitmen sekolah untuk memberikan pendidikan yang relevan dengan zaman, sehingga dapat membantu mempersiapkan siswa dalam menghadapi dinamika dunia yang semakin globa, dan bersaing ditingkat Internasional.

Diketahui, sekolah kristen SoliDEO di BSD Tangerang Selatan kembali mengadakan kegiatan Open House dan Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tahun Akademik 2025-2026 dengan tema “Welcome To SoliFam!”.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas