Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Veteran Miris Melihat Generasi Muda Maknai Kemerdekaan

Veteran yang pada zamannya memperebutkan kemerdekaan dari tangan Jepang di Solok, Sumatera Barat ini miris melihat generasi muda

Editor: Harismanto
zoom-in Veteran Miris Melihat Generasi Muda Maknai Kemerdekaan
Tribun Medan/Maulina Siregar
Banil, Veteran 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Maulina Siregar
TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Usianya kini 85 tahun, meskipun tubuhnya tua renta, penglihatan, pendengaran dan memori Banil sebagai pelaku dan saksi perjuangan kemerdekaan masih jelas.

Veteran yang pada zamannya memperebutkan kemerdekaan dari tangan Jepang di Solok, Sumatera Barat ini miris melihat generasi muda yang menurutnya menipis rasa cinta tanah airnya. "Banyak yang upacara saja malas. Tak menghayati dan menghargai Sang Merah Putih. Padahal banyak pengorbanan untuk mendapatkan kemerdekaan,"kata Banil saat ditemui di Kantor Camat Medan Amplas, Rabu (17/8/2011).

Ia mengatakan, pada zamannya, setiap pemuda bangga ikut berjuang melawan penjajah. Tanpa pamrih, tidak menuntut hadiah atau penghargaan. Melewati pegunungan, lembah dan sungai untuk menyusun taktik dan strategi melawan persenjataan Jepang yang lengkap.

"Kami merampok senjata mereka dibantu rakyat sekitar. Kebersamaan dan kepedulian masyarakat dulu tinggi," katanya.

Kini, di hari tuanya, Banil tinggal bersama putri bungsunya di Jalan Titi Kuning. Baginya, pengalaman tak terlupakan adalah menyaksikan teman-teman seperjuangannya yang meninggal di medan perang. "Mereka semua itulah pahlawan tanpa tanda jasa," ujar Banil. (*)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas