Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KIP Gayo Lues Musnahkan 1.937 Surat Suara

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues memusnahkan 1.937 lembar surat suara yang rusak dan lebih dikirim dari KPU Pusat.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in KIP Gayo Lues Musnahkan 1.937 Surat Suara
tribunjateng.com/galih permadi
ILUSTRASI logistik surat suara pemilu di kantor KPU Solo 

TRIBUNNEWS.COM, BLANGKEJEREN - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues memusnahkan 1.937 lembar surat suara yang rusak dan lebih dikirim dari KPU Pusat. Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor KIP jalan Terminal Blangkejeren Kutapanjang, Senin (7/6/2014), dihadiri Wakil Bupati Galus Adam SE, Ketua Panwaslu Galus Sulaiman, serta para jajaran Muspida Plus dan pimpinan partai politik peserta Pemilu 2014.

Pada hari yang sama, KIP Galus juga menyalurkan logistik pemilu untuk Kecamatan Pining. Sedangkan logistik untuk 10 kecamatan lainnya, akan disalurkan hari ini (Selasa 8/4/2014) atau satu hari sebelum hari pencoblosan.

Ketua KIP Alfin Anhar mengatakan, jumlah surat suara yang rusak dan berlebih mencapai 1.937 lembar dari kebutuhan surat suara (DPT + 2 persen) sebanyak 59.926 lembar.

"Pemusnahan surat suara ini dilakukan berdasarkan UU Nomor 8 tahun 2012 tentang surat suara yang kurang (rusak) dan berlebih pada Pemilu. Pemusnahan itu juga disaksikan oleh Ketua Panwaslu dan pihak kepolisian," kata Ketua KIP Galus.

Sementara itu, dari Nagan Raya dilaporkan, KIP Kabupaten Nagan Raya sejak Minggu (6/4/2014) lalu mulai mendistribusikan logistik pemilu ke seluruh kecamatan di kabupaten setempat. Ketua Pokja Logistik Pemilu KIP Nagan Raya Said Mudhar AMa didampingi Kasubag Hukum Saiful Bahri SH kepada Serambi (Tribunnews.com Network), Senin (7/4/2014) kemarin mengatakan, pendistribusian logistik pemilu ini diharapkan berjalan lancar.

Ia meminta kepada petugas PPK untuk selalu berada di wilayah kerja, sehingga saat logistik pemilu ini tiba bisa secepatnya diproses untuk diperiksa kelengkapannya.

"Jika terdapat kekurangannya bisa secepatnya dilaporkan ke KIP Nagan Raya," kata dia.

BERITA TERKAIT

Adapun logistik yang dikirimkan itu, kata Said Mudhar, yaitu bilik suara sebanyak 384 buah, kotak suara untuk DPR, DPD, DPRA dan DPRK secara keseluruhan sebanyak 1.536 buah, beserta surat suara masing-masing sebanyak 112.622 surat suara untuk tiga daerah pemilihan yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

Khusus untuk kotak suara yang terbuat dari kardus, kata Said, diprioritaskan untuk kecamatan yang terdekat dengan Kantor KIP Kabupaten Nagan Raya seperti Kecamatan Suka Makmue, Seunagan, dan Seunagan Timur.

"Sedangkan untuk desa terpencil dalam kecamatan tersebut yang transportasinya masih menggunakan rakit tetap akan dikirimkan dalam kotak suara yang tersebut dari aluminium," kata Said.(c40/edi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas