Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aceh Diving Championship Dongkrak Potensi Wisata Sabang

Potensi bawah laut, khususnya diving spot, diharapkan mendongkrak sektor pariwisata di Sabang, Aceh.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Aceh Diving Championship Dongkrak Potensi Wisata Sabang
Serambi Indonesia/M Anshar
Peserta menggunakan boat usai berlatih menyelam di Pantai Gapang, Sabang, Jumat (15/8/2014). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-69 Kemerdekaan RI. Puncaknya akan diadakan pengibaran bendera di bawah laut. SERAMBI/M ANSHAR 

TRIBUNNEWS.COM, SABANG - Potensi bawah laut, khususnya diving spot, diharapkan mendongkrak sektor pariwisata di Sabang, Aceh. Harapan itu bakal terealisasi dengan digelarnya Aceh Diving Championship di Pantai Gapang, Sabang, Jumat (15/8/2014).

Kasdam IM Brigjen TNI Purwadi Mukso dalam sambutannya mengaku sangat mendukung dan menyambut baik Aceh Diving Championship 2014 ini. Diving spot di Sabang ke depan bisa menjadi wisata andalan dan dikunjungi penggemar diving.

Kejuaraan menyelam ini diikuti 105 peserta. Turut hadir dalam pembukaan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam, Wakapolda Aceh Brigjen Endang Sunjaya, Danlanal Sabang Kol Laut (P) Imam Musani, Dandim 0112 Letkol Widya Prastyo, Kapolres AKBP Henny Sorta Lubis, Manajer Garuda Indonesia Nano Setiawan, dan Kadisbudpar Sabang Zulfi Purnawati.

"Kami berharap kegiatan seperti ini terus digalakkan dan dikembangkan menjadi event rutin dan dibesarkan menjadi event internasional dengan agenda tetap. Sehingga pelaksanaan tahun depan dapat dipromosikan pada tahun ini," ujar Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam.

Ketua Pelaksana Aceh Diving Championship Octowandi memaparkan, kegiatan ini diikuti peserta dari Simeulu, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh Utara dan Aceh Timur, serta beberapa peserta dari Sumetara Utara, Kalimantan Barat dan Jakarta. Tak ketinggalan peserta luar negeri.

Kejuaraan menyelam memperingati HUT Ke-69 Kemerdekaan RI ini memberi efek positif bagi pemilik jasa penginapan. Banyak warga berdatangkan ke Sabang. Mereka memanfaatkan menginap di hotel dan penginapan selama gelaran. Dilaporkan, semua penginapan penuh terisi, terutama di kawasan Pantai Gapang.

Kendati begitu, pelayaran kapal feri Banda Aceh-Sabang masih tetap normal. Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan Mawardi mengatakan, hingga kini belum ada penambahan pelayaran kapal feri jurusan Sabang-Ulee Lheu, Banda Aceh. (Az)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas