Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Yogyakarta, Saat Puncak Gerhana 83 Persen Lingkaran Matahari Gelap

Gerhana matahari bisa dilihat di 45 Kabupaten di Sumatera bagian Selatan, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi bagian Tengah, Maluku Utara.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Di Yogyakarta, Saat Puncak Gerhana  83 Persen Lingkaran Matahari Gelap
@bmkgjogja
foto simulasi penampakan gerhana matahari total di Yogyakarta 9 Maret mendatang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA  - Gerhana matahari total adalah kejadian yang cukup langka, dan tahun ini masyarakat Indonesia termasuk Yogyakarta berkesempatan menikmatinya.

BMKG Yogyakarta melalui akun twitternya @bmkgjogja Jumat (5/2/2016) menjelaskan saat gerhana matahari total nanti,  di Yogyakarta hanya 83% matahari akan tertutup.

"Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan," cuit akun BMKG Yogyakarta.

BMKG menjelaskan di Indonesia dapat dilihat di 45 Kabupaten di Sumatera bagian Selatan, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi bagian Tengah, Maluku Utara.

Di tempat lain di Indonesia gerhana matahari akan terlihat sebagai Gerhana Matahari Sebagian, seperti di Yogyakarta terlihat bagian lingkaran Matahari sebelah Kiri dari arah pengamat akan
tampak gelap.

Saat puncak gerhana 83% lingkaran Matahari akan tampak gelap.

BERITA TERKAIT

"Di Yogyakarta Gerhana Mulai di pagi hari 06.20 WIB, Puncak Gerhana 07.23 WIB, Gerhana berakhir 08.35 WIB. Artinya lamanya durasi  gerhana 2 Jam 15 Menit," jelas akun tersebut. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas