Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Semula Malas Kuliah, Tapi Akhirnya Arida Jadi Wisudawati Terbaik ITS dengan IPK 3,89

gadis yang akrab disapa Arida ini, sempat putus asa bahkan orangtuanya pun ikut heran mengapa ia sampai gagal di tes-tes tersebut.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Semula Malas Kuliah, Tapi Akhirnya Arida Jadi Wisudawati Terbaik ITS dengan IPK 3,89
neneng uswatun hasanah
Arida Wahyu Barselia, wisudawati jurusan Biologi FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya peraih IPK 3,89. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - "Saya ikut tes Fakultas Kedokteran dan Sekolah Kedinasan pada 2011 tapi gagal," ujar Arida Wahyu Barselia, wisudawati jurusan Biologi FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya peraih IPK 3,89 pada SURYA.co.id, Selasa (22/03/2016) sore.

Saat itu, gadis yang akrab disapa Arida ini, sempat putus asa bahkan orangtuanya pun ikut heran mengapa ia sampai gagal di tes-tes tersebut.

"Padahal saya memang ingin sekali masuk kedokteran, tapi ya mau bagaimana lagi," cerita Arida sambil tersenyum.

Meski gagal, gadis asal Kediri itu tidak patah semangat. Setelah off selama satu tahun, pada 2012 ia mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis.

Ia memilih Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai pilihan pertama dan jurusan Biologi ITS sebagai pilihan kedua.

Lagi-lagi, ia gagal menembus Fakultas Kedokteran. "Kalau diingat-ingat ya lucu juga, karena mungkin memang tidak jodoh dengan Fakultas Kedokteran," kenangnya. Ia bahkan jauh-jauh ikut tes di Bali setelah mendaftar.

Ia pun sempat belum bisa menerima kegagalannya ketika sudah berkuliah di ITS.

BERITA TERKAIT

"Setelah dijalani ternyata saya mulai betah. Suasananya di sini enak dan nyaman. Teman-teman, senior, dan dosennya juga akrab dan baik. Lama-lama akhirnya saya menerima," kata gadis kelahiran 1 Agustus 1992 itu.

Arida menjalani masa kuliah dengan aktif berorganisasi dan berkarya. Ia aktif di Himpunan Mahasiswa Biologi sebagai Ketua Divisi Keilmiahan Departemen Sains dan Teknologi, di Badan Eksekutif Mahasiswa ITS sebagai Ketua Divisi Internal Trainer Kementrian Riset dan Teknologi, serta tergabung dalam Komunitas Arsitektur Mangrove ITS.

Ia juga mengirimkan karya ilmiahnya dalam Program Kreativitas Mahasiswa 2013 dan mendapatkan hibah dana Kemenristekdikti sebesar Rp 11 juta.

Walau sibuk berorganisasi dan berkarya, Arida tidak lalai dalam kuliah. Indeks Prestasinya stabil di atas 3,8 sejak semester 1. Ia meraih nilai A di banyak mata kuliah sulit yang sering dikeluhkan teman-temannya.

"Semester satu dapat IP 3,9. Sebenarnya kaget karena saya juga jarang belajar. Tapi saya selalu duduk di depan ketika dosen memberi kuliah. Saya juga suka mencatat materi dan cara belajar saya ya hanya begitu," ujarnya sambil tersenyum.

Di semester 7, Arida sengaja menghabiskan sisa 24 sks dan lulus dalam 3,5 tahun dengan IPK 3,89 dan menyandang predikat cumlaude. Selain itu Arida juga menjadi peringkat ketiga di wisuda periode Maret.

Di bawah bimbingan Dr techn Endry Nugroho Prasetyo MT, ia menyelesaikan tugas akhirnya yang berjudul Peningkatan Masa Simpan Aktivator Kompos Melalui Variasi Sumber Nitrogen.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas