Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelindo III Bentangkan Tenda dan Perbanyak Toilet Demi Kenyamanan Pemudik

Meski tak seramai moda lain seperti udara dan kereta, saat mudik besok penumpang diprediksi tetap membanjiri Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Pelindo III Bentangkan Tenda dan Perbanyak Toilet Demi Kenyamanan Pemudik
TRIBUN KALTIM - BALIKPAPAN/FACHMI RACHMAN
ILUSTRASI: Puluhan dari ribuan orang menuruni tanggan KM Kerinci dari Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara yang berlabuh di Dermaga Pelabuhan Semayang, Senin (5/9/2011). Jumlah pemudik Lebaran yang menggunakan transportasi laut sebanyak 30.000 orang atau naik 6 hingga 8 persen dibanding pada Lebaran tahun lalu. Pada arus balik ini diprediksi terjadi kenaikan jumlah pendatang menjadi 40.000 orang, atau ada 10.000 pendatang baru. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) 

Laporan Wartawan Surya, Nuraini Faiq

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Meski tak seramai moda lain seperti udara dan kereta, saat mudik besok penumpang diprediksi tetap membanjiri Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Diperkirakan lebih dari seratus ribu orang akan membanjiri pelabuhan penumpang untuk mudik ke kampung halaman mereka menggunakan moda transportasi laut.

Hal ini mengaca pada tren 2014 di mana pemudik yang menggunakan kapal melalui Pelabuhan Tanjung Perak mencapai 164.987 penumpang.

Jumlah penumpang kapal laut meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 149.583 penumpang. "Mudik nanti kisarannya hampir sama," kata Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, Selasa (7/6/2016).

Selanjutnya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tercatat 101.031 penumpang. Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah 51.321 penumpang, disusul Pelabuhan Sampit 48.899 penumpang dan Pelabuhan Tenau Kupang di NTT 36.358 penumpang.

"Biasanya penumpang dari daerah memilih datang lebih awal di pelabuhan sehingga biasanya akan terjadi penumpukan. Ini yang nanti kami antsisipasi agar penumpang tetap aman dan nyaman," tegas Edi.

BERITA TERKAIT

Pelindo III akan menyediakan tenda tambahan di pelabuhan untuk berteduh penumpang. Ada juga toilet tambahan untuk beberapa terminal penumpang kapal laut yang tersebar di tujuh provinsi.

"Harus dipastikan semua dapat menjamin kenyamanan dan bisa memanjakan para penumpang kapal laut. Kami juga siapkan posko terpadu di setiap terminal penumpang. Termasuk petugas keamanan dan petugas medis," kata Edi.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas