Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Massa yang ke Jakarta Melintasi Semarang Mayoritas dari Jawa Timur

Rombongan massa yang bertujuan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi demo bela Islam jilid III mayoritas berasal dari wilayah Jawa Timur.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Massa yang ke Jakarta Melintasi Semarang Mayoritas dari Jawa Timur
Tribun Jabar/Teuku Muh Guci S
Peserta aksi damai bela Islam jilid III asal Kabupaten Ciamis di aula Kantor Perhutani, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (1/12/2016). Mereka melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan berjalan kaki dan menggunakan bus. TRIBUN JABAR/TEUKU MUH GUCI S 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Kapolrestabes Semarang, Kombes Abiyoso Seno Aji mengatakan sejak kemarin hingga siang ini, rombongan massa yang bertujuan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi demo bela Islam jilid III mayoritas berasal dari wilayah Jawa Timur.

Sejauh ini massa yang melintasi wilayah hukumnya ini rata-rata menumpang bus dari daerah masing-masing.

"Sesuai imbauan, massa dipersilakan jika ingin berangkat ke Jakarta. Kami hanya bertugas memeriksa dan memastikan jika keberangkatan mereka damai. Dilarang membawa barang yang memicu konflik, sebut saja senjata tajam. Sejauh ini aman masih, di angka ratusan untuk massa yang berangkat ke Jakarta melintasi Semarang. Mayoritas naik bus. Untuk jalur lain relatif sedikit," kata Abiyoso kepada Tribun Jateng (Tribunnews.com Network), Kamis (1/12/2016).

Dijelaskan Abiyoso, pihaknya akan terus memonitor perkembangan pergerakan keberangkatan massa ini. Setidaknya, pihak Polrestabes Semarang diterjunkan untuk terus berjaga-jaga hingga Jumat (2/12/2016) besok.

"Kami pusatkan penjagaan di Mangkang. Diterjunkan 400 personel dari Polrestabes. Di wilayah hukum Polres Semarang, Polres Grobogan, Polres Demak juga diterjunkan personel masing-masing untuk berjaga-jaga mensoal aksi di Jakarta. Jika situasi sudah memungkinkan, besok siang sudah kami tarik personel," kata Abiyoso.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas