Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Muncul Aplikasi Tongsis, Siswa Bolos Kota Bandung Bakal Terpantau

Siswa di Kota Bandung bakal seribu kali berpikir untuk membolos karena aplikasi Tongsis dapat memantau mereka masuk atau tidak sekolah.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Muncul Aplikasi Tongsis, Siswa Bolos Kota Bandung Bakal Terpantau
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Sejumlah siswa dan orangtua siswa Kota Bandung menghadiri peluncuran aplikasi Tongsis (toong siswa) di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (22/5/2017). TRIBUN JABAR/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Siswa di Kota Bandung bakal lebih rajin sekolah karena sudah ditemukan aplikasi Tongsis yang mudah memantau mereka yang membolos.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana, menjelaskan aplikasi Tongsis (toong siswa) bentuk dedikasi pemerintah kepada orangtua siswa untuk menoong (memantau) siswa. Mereka juga dapat memastikan anaknya berangkat ke sekolah atau tidak.

"Siswa bisa dilihat hadir untuk mata pelajaran mana saja. Kami juga sediakan informasi terkait dengan perkembangan siswa, misal nilai yang dicapai siswa," kata Elih di Balai Kota Bandung, Senin (22/5/2017).

Turut hadir sejumlah siswa dan orangtuanya saat peluncuran aplikasi tongsis oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung di Balai Kota Bandung.

Aplikasi Tongsis dapat diunggah di situs resmi Dinas Pendidikan Kota Bandung. Sekolah-sekolah di Kota Bandung akan mendapatkan kunjungan dari Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk mensosialisasikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017-2018.

"Kami sudah ujicoba aplikasi ini. Insya Allah target kami awal tahun ajaran bisa dimanfaatkan di semua sekolah baik negeri atau swasta," jelas Elih.

BERITA TERKAIT

Ia menyebut aplikasi ini sifatnya tidak wajib melainkan pilihan, karena tidak semua orangtua siswa memiliki gawai.

Dikatakan Elih, untuk menyediakan aplikasi ini Dinas Pendidikan Kota Bandung menganggarkan anggaran sekitar Rp 50 juta.

Orangtua siswa yang hadir dalam kegiatan ini, Erna Maulida (45), mengaku sangat mendukung aplikasi Tongsis. Aplikasi ini memudahkan orangtua siswa mengetahui anaknya ada tidak di sekolah.

"Ya saya mendukung sekali program ini. Sangat bagus buat saya karena dari manapun saya bisa mantau anak saya ikuti pelajaran atau tidak," kata Erna di Balai Kota Bandung.

Berita ini dipublikasikan Tribun Jabar dengan judul: Awas Pelajar di Bandung Jangan Bolos, Bakal Ketahuan Loh Sama Aplikasi "Tongsis".

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas