Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Geger Temuan Batu Berukiran Kuno yang Biasa Dipakai Motif Songket

Susunan batu bata kuno ditemukan secara tak sengaja oleh zuriat yang awalnya membersihkan areal pemakaman Kironggo Wirosentik

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Geger Temuan Batu Berukiran Kuno yang Biasa Dipakai Motif Songket
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Heri, zuriat Kironggo Wirosentiko yang menunjukan batu bata kuno bermotif Bungo Cino di areal Pemakaman Kironggo Wirosentiko di Talang Keranggo Palembang, Rabu (8/11/2017) 

Laporan Wartawan Sripoku Welly Hadinata

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Penemuan susunan batu bata kuno di areal pemakaman Kironggo Wirosentiko, cukup mengejutkan bagi kalangan zuriat atau garis keturunan.

Terlebih lagi temuan adanya lempengan batu bata kuno yang terukir motif Bungo Cino.

Susunan batu bata kuno ditemukan secara tak sengaja oleh zuriat yang awalnya membersihkan areal pemakaman Kironggo Wirosentiko yang berlokasi di Jalan Talang Keranggo Lorong Keluarga Kelurahan Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II Palembang.

Berawal saat akan menggali gundukan tanah untuk menuju areal pemakaman utama, ditemukan tumpukan batu bata kuno yang tersusun rapi menyerupai pagar atau yang biasa disebut jambangan.

Ketika kembali dilakukan penggalian lebih dalam lagi dengan kedalaman 50-80 cm, ditemukan susunan tapak batu yang juga tersusun rapi dan diduga kuat sebagai lantai untuk dijadikan jalan setapak menuju areal makam utama sebelum masuk ke gapura yang di atasnya terdapat penanggalan tahun arab 1142 hijriyah.

Dari pantauan Sripoku.com Rabu (8/11/2017), zuriat melakukan penggalian khususnya di area makam utama yang luasnya sekitar 20x20 meter.

BERITA TERKAIT

Baca: Warga Terpapar Debu Batu Bara, Anggota DPR Aceh Lakukan Sidak

Pada sekeliling area tengah makam utama, dilakukan penggalian dengan kedalaman setengah meter dan ditemukan tumpukan batu bata kuno yang tersusun rapi dan juga ada lantainya.

Pada bawah bagian salah satu makam, ditemukan lemengan batu bata kuno yang terukir bermotif Bungo Cino.

Dilihat dari bentuk gambarnya, motif Bungo Cino yang terukir di lempengan batu bata, sama persis yang biasa dijadikan motif kain songket khas Palembang.

"Awal penggalian itu sekitar dua bulan lalu di depan pintu masuk dan sekedar bersih-bersih makam. Saat itulah kita menemukan susunan batu bata kuno dan ada jalannya. Lalu kemudian kami lanjutkan penggalian diareal pemakaman utama," ujar Heri Susanto, Humas Zuriat Kironggo Wirosentika yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Pengawasan Penggalian.

Heri mengatakan, sudah dipastikan temuan susunan batu bata kuno yang tersusun rapi dan juga ada batu bermotif dan batu profil, menunjukan bahwa Kironggo Wirosentiko adalah seorang arsitek pada jaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Baca: Mayat Bayi yang Baru Dilahirkan Ditemukan di Belakang Gedung Sekolah Dasar

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas