Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Darmin Nasution Mewakili Keluarga Bobby Minta Marga Siregar

-Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, acara pemberian marga kepada Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu berjalan lancar.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Darmin Nasution Mewakili Keluarga Bobby Minta Marga Siregar
TRIBUN MEDAN/HO
Putri Presiden RI Joko Widodo Kahiyang Ayu bersama suaminya Bobby Afif Nasution menjalani prosesi penabalan marga adat Mandailing di Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/11/2017). Dalam prosesi penabalan marga adat Mandailing tersebut Kahiyang diberi marga Siregar atau Kahiyang Ayu Boru Siregar. TRIBUN MEDAN/HO 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, acara pemberian marga kepada Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu berjalan lancar.

Darmin Nasution didampingi perwakilan keluarga meminta marga kepada keluarga Siregar. Karena itu, kedatangannya bukan sebagai menteri tapi pemilik acara.

"Sudah berjalan dengan baik semuanya, sehingga Kahiyang mulai tadi marga-nya Siregar sama dengan marga Ibu-nya Bobby," ujarnya kepada wartawan yang meliput di Jalan STM, Medan, Selasa (21/11/2017).

Acara pemberian marga kepada Kahiyang Ayu dimulai pukul 10.00 WIB.

Kahiyang Ayu bersama suaminya Muhammad Bobby Afif Nasution beserta keluarga besarnya datang ke rumah Doli Sinomba Siregar.

Doli Sinomba Siregar merupakan saudara kandung Ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, di Jalan STM/Sukatangkas, Medan, Provinsi Sumatera Utara.

BERITA TERKAIT

Kahiyang dan Bobby kemudian masuk ke lokasi acara sambil bergandengan tangan dan disambut meriah dengan musik tradisional gondang serta lemparan sejumlah beras kuning oleh para sanak keluarga.

Sebelum duduk, mereka menyalami dan memberi hormat kepada para tetua adat yang hadir. Pasangan suami-istri itu kerap tersenyum saat acara pemberian adat berlangsung.

Setelah itu, mereka dipakaikan ulos dan diberikan sertifikat menjadi tanda resmi bertambahnya nama Kahiyang Ayu menjadi Kahiyang Ayu Siregar.

"Tentu ada hak, ada kewajiban. Hak dia adalah dia memiliki kedudukan yang jelas dalam peradatan di Mandailing atau Tapanuli Selatan. Kewajibannya juga ada," katanya

Selain itu, para tetua adat dan tamu undangan juga tak lupa memberikan doa dan harapan kepada Kahiyang dalam menjalani kehidupan sebagai boru Siregar.

Ia berharap setelah mendapatkan marga Siregar bisa membawa berkah dan kehormatan. Prosesi pemberian marga kepada mempelai wanita, Kahiyang Ayu, ditutup dengan menortor bersama.

Kahiyang pun meninggalkan lokasi dengan menggunakan bulang atau hiasan kepala adat Mandailing sambil menggendong kiso ayam atau tas untuk membawa ayam. (tio/tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas