Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tol Fungsional akan Ditutup Malam Ini dan Besok Dibuka untuk Kendaraan dari Timur ke Barat

Tol fungsional akan dibuka kembali pada hari Senin pukul 06.00 dan jalur yang digunakan searah dari timur ke barat

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Tol Fungsional akan Ditutup Malam Ini dan Besok Dibuka untuk Kendaraan dari Timur ke Barat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kendaraan pemudik mengantre untuk keluar dari ruas Tol Batang-Semarang menuju jalur Pantura Batang-Kendal di Kalikuto, Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Antrean panjang kendaraan bermotor terjadi di ujung Exit Tol fungsional Batang-Gringsing karena terdapat penyempitan jalur di ujung tol fungsional di jembatan yang masih dalam proses pembangunan itu. Kendaraan yang keluar dari tol fungsional Batang-Semarang itu kemudian dikeluarkan menuju jalur pantura sebelum nantinya kembali masuk ke exit Tol Weleri. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Tol Fungsional di wilayah Jateng  ruas Brebes-Semarang dan Salatiga-Sragen yang digunakan satu arah untuk arus mudik 2018 dari arah barat ke timur rencananya akan ditutup malam nanti.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja, saat dihubungi Tribun Jateng, Minggu (17/6/2018).

Dua ruas tersebut dibuka satu arah dari barat ke timur sampai hari ini, Minggu (17/6/2018) hingga pukul 20.00 WIB.

"Selanjutnya, tol fungsional ditutup, untuk dilakukan perbaikan-perbaikan ringan, penempatan rambu-rambu, pemasangan lampu penerangan, dan dipersiapkan untuk menyambut arus balik," terangnya.

Agus menuturkan, tol fungsional akan dibuka kembali pada hari Senin pukul 06.00 WIB.

Saat itu, jalur tersebut akan digunakan searah dari timur ke barat.

BERITA REKOMENDASI

Artinya, arus akan berlaku dari Sragen-Semarang-Brebes.

Baca: Pemudik yang Lintasi Tol Fungsional Habiskan 60 Ribu Liter BBM

Khusus di jalur Kalikenteng, Tengaran, Kabupaten Semarang yang saat arus mudik hanya difungsikan hingga pukul 17.00, kini jalan fungsional yang menanjak itu akan dioperasionalkan selama 24 jam.

"Pertimbangannya karena untuk menghindari kemacetan arus balik di Kota Boyolali. Selain itu, kami sudah pasang penerangan yang bagus dan tanjakan sisi barat lebih landai dibandingkan dengan sisi timur, atau saat mudik," imbuh Agus.

Dengan demikian, kepolisian memprediksi kemacetan di gerbang Tol Salatiga tidak akan kembali terjadi seperti saat arus mudik.

"Sementara ini prediksi kami kemacetan akan terjadi di gate Tol Manyaran, terutama adanya antrean di belokan memasuki ruas tol fungsional Semarang-Brebes. Dirlantas besama Satlantas telah memiliki rekayasa lalu lintas di simpang Krapyak," jelasnya.

Selain di Tol Manyaran, perlambatan juga diprediksi akan terjadi di Jembatan Kalikuto, karena saat ini hanya ada satu lajur di jembatan tersebut.

Meski demikian, kepolisian bertekad memfungsikan semua akses jalan pantura nasional yang terhubung ke tol funsional Gringsing di Batang atau Gandulan, Pemalang.

"Sebelum kembali dibuka besok pagi, akan dilaksanakan sterilisasi dan pengecekan akhir, dengan melintasi tol Sragen-Semarang-Brebes mengikuti alur arus balik, sekaligus sebagai simulasi sebelum difungsikan," tandasnya.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas