Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dinas Perdagangan Kota Cimahi Tarik 8 Kemasan Kaleng Susu Kental Manis di Yogya Plaza

Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi menarik delapan kemasan kaleng susu kental manis yang rusak di Yogya Plaza Kota Cimahi.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dinas Perdagangan Kota Cimahi Tarik 8 Kemasan Kaleng Susu Kental Manis di Yogya Plaza
ist
susu kental manis (SKM) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, CIMAHI - Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi menarik delapan kemasan kaleng susu kental manis yang rusak di Yogya Plaza Kota Cimahi.

Prodduk itu ditarik lantaran pihak pengelola telah melanggar peraturan daerah (Perda).

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Agus Nirwan saat ditemui usai melaksanakan sidak di Yoyga Plaza, Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (29/8/2018).

Ia mengatakan, perda yang dilanggar oleh pengelola supermarket tersebut yakni perda nomor 9 tahun 2014 tentang perlindungan konsumen, sehingga pengusaha dilarang untuk menjual produk yang telah rusak.

"Tapi tidak ada sanksi, sejauh ini kita pembinaan dulu. Nantinya baru kita keluarkan surat peringatan, jadi sanksinya berupa sanksi administrasi," katanya.

Baca: Para Pengungsi Heran Dedi Mulyadi Tak Menolak Ditawari Menginap di Tempat Pengungsian

Sementara Chief Operation Yogya Plaza, Jovani mengatakan, dengan adanya penarikan produknya yang rusak itu baginya akan menjadi pembelajaran supaya lebih detail dalam menyortir barang saat hendak dipajang.

BERITA REKOMENDASI

Disinggung terkait penuman delapan kemasan kaleng susu kental manis yang rusak, ia mengakui merupakan kelalaian dari pihak pengelolanya.

"Terkait penemuan itu (kemasan yang rusak) itu kelalaian juga dari kita," katanya.

Menurutnya, untuk kemasan kaleng yang kembung karena memang sudah kembung dari distributornya, sedangkan untuk kemasan yang penyok bisa jadi karena kelalaian dan jatuh oleh konsumen.

"Saya sempat lihat saat konsumen ingin membeli ada kemasan yang terjatuh kemudian dikembalikan lagi ke rak karena konsumen inginnya kemasan yang bagus," kata Jovani.

Pihaknya pun mengakui nantinya, pihak pengelola akan diberikan surat peringatan oleh pihak Disdagkoperind Kota Cimahi.

Artikel ini telah tayang di Tribunjabar.id dengan judul Ada Temuan 8 Susu Kental Manis Kemasan Kaleng di Yogya Cimahi Tak Layak Jual, Ini Kata Disdagkoperin

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas