Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemda Bali akan Ambil Tindakan Terkait Maraknya Turis Asing yang Bertingkah Seenaknya

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bali sepertinya sudah mulai gerah dengan tingkah turis yang semakin tak terkendali.

Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Pemda Bali akan Ambil Tindakan Terkait Maraknya Turis Asing yang Bertingkah Seenaknya
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Wisatawan menikmati pemandangan areal persawahan berundak di Tegallalang, Gianyar, Bali, Jumat (5/12/2014). Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali pada 2014 ditargetkan 3,5 juta orang. Hingga Agustus 2014, jumlah wisatawan mancanegara ke Bali 2,5 juta orang. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bali sepertinya sudah mulai gerah dengan tingkah turis yang semakin tak terkendali.

Beberapa hal yang menjadi sorotan Pemda Bali adalah turis-turis yang nekat memanjat atau duduk di pura serta mengenakan pakaian tak pantas ketika berada di tempat yang dianggap suci oleh masyarakat Bali.

Melansir dari The Guardian pada Jumat (21/9/2018), Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Sukawati atau yang biasa dipanggil Tjok Ace menyebut pihaknya mulai khawatir dengan tingkah-tingkah turis yang tergolong tidak sopan di tempat sakral.

Tjok Ace menyebut pihaknya akan mengevaluasi sistem yang memperbolehkan turis masuk ke dalam tempat sakral tanpa didampingi pemandu yang mengerti tentang aturan serta adat setempat.

"Ini adalah upaya pemerintah untuk menjaga Pura yang ada di Bali.

Pura/kuil-kuil perlu dilestarikan sebab mereka adalah roh budaya dan adat Bali," tutur Tjok Ace.

Bali memang menjadi destinasi wisata favorit bagi turis domestik maupun mancanegara.

BERITA TERKAIT

Turis-turis yang datang ke Bali pun semakin tahun semakin bertambah dengan adanya kampanye 'Visit Indonesia' yang menjadi program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Pada tahun 2017 saja, sudah ada lebih dari lima juta turis yang mengunjungi Bali.

Tjok Ace menyebutkan kejadian ini bisa terjadi sebab masyarakat sering terlalu terbuka dan membiarkan turis bersikap seenaknya.

Wagub Bali ini juga menyinggung tingkah turis belakangan ini yang berbeda dengan kualitas turis beberapa waktu sebelumnya.

Diberitakan Tribun Bali sebelumnya, beberapa waktu yang lalu sebuah video memperlihatkan seorang turis asing menaiki dan duduk di Palinggih Padmasana yang ada di Pura Gelap Besakih.

Halaman Selengkapnya >

Sumber: TribunWow.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas