Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasca Tsunami Selat Sunda, 4 Pantai Ini Mengalami Kerusakan Paling Parah

Gelombang pasang menerjang pesisir pantai Panimbang sekitar pukul 21.30 WIB. Di kawasan ini kerusakan di tepi pantai sangat terlihat

Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Sanusi
zoom-in Pasca Tsunami Selat Sunda, 4 Pantai Ini Mengalami Kerusakan Paling Parah
Tribunjakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Penampakan jalur di sepanjang jalan dari kawasan Pantai Carita menuju Kecamatan Sumur. Foto diabadikan Kamis (26/12/2018). TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA 

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Pasca bencana tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018), sejumlah pantai di wilayah Banten rusak parah.

Sepekan berada di kawasan bencana tim Tribunnews.com berhasil merangkum 4 pantai di kawasan Banten yang mengalami kerusakan cukup parah, berikut daftarnya:

1. Pantai Tanjung Lesung

Saat tsunami melanda Pantai Tanjung Lesung, ratusan karyawan PT PLN (Persero) tengah mengadakan acara gathering dan festival tepatnya di Tanjung Lesung Beach Resort.

Bahkan tak tanggung-tanggung, band sekelas Seventeen diundang sebagai pengisi acara. Akibat bencana, kini tempat band Seventeen manggung itu telah luluh lantak.

Saat tim Tribunnews.com menyambangi Tanjung Lesung Beach Resort pasca diterjang tsunami, penginapan tersebut mengalami kerusakan parah.

Kamar penginapan yang didominasi berwarna coklat hingga panggung acara porak-poranda disapu ombak.

BERITA TERKAIT

Tampak pula mobil elf bercat putih telah berubah tempat, dimana akibat tsunami mobil elf tersebut kini "nangkring" di salah satu balkon kamar penginapan.

2. Pantai Sumur

Sejumlah bangunan rata dengan tanah akibat terjangan tsunami di Sumur Pesisir, Pandeglang, Banten. Kuatnya gelombang tsunami di daerah Sumur bahkan membuat perahu berada di puing permukiman akibat terseret tsunami.

Di hari yang sama di daerah Sumur di gelar pasar malam tahunan, dan di lokasi pasar malam itu pula banyak ditemukan jenazah korban tsunami.

3. Pantai Panimbang

Gelombang pasang menerjang pesisir pantai Panimbang sekitar pukul 21.30 WIB. Di kawasan ini kerusakan di tepi pantai sangat terlihat, rumah-rumah warga banyak yang rusak roboh. Sementara rumah yang masih berdiri bolong pada dindingnya.

4. Pantai Carita

Kondisi sejumlah bangunan penginapan dan kendaraan bermotor rusak berat akibat hantaman tsunami di kawasan Pantai Carita. Tsunami mengakibatkan kerusakan bangunan serta ratusan orang meninggal dunia, hilang dan luka-luka.

Pantai di sepanjang kawasan Carita pun mengalami abrasi yang cukup parah.

Pepohonan disana pun banyak yang tumbang, warung milik pedagang yang biasa menjajakan dagangannya di tepi pantai telah porak-poranda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas