Tribun

'Keuchik Tgk Munirwan Ditahan Hanya Karena Jual Bibit Padi Tanpa Sertifikat, Ini Tidak Adil'

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah diminta menjelaskan persoalan ditahannya Tgk Munirwan atau Tgk Mun, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam.

Editor: Dewi Agustina
'Keuchik Tgk Munirwan Ditahan Hanya Karena Jual Bibit Padi Tanpa Sertifikat, Ini Tidak Adil'
Serambi Indonesia
TGK Munirwan, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, berdiri di depan sel Mapolda Aceh, Selasa (23/7/2019). 

Laporan Wartawan Serambi, Fikar W Eda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah diminta menjelaskan persoalan ditahannya Tgk Munirwan atau Tgk Mun, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, terkait perdagangan bibit padi IF8.

"Plt Gubernur harus jelaskan ke publik dan mengambil tindakan tegas kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh," kata Koordinator Jaringan Anti Korupsi Gayo (Jang-Ko) Maharadi, Jumat (26/7/2019).

Seperti ramai diberitakan, Tgk Mun atau Tgk Munirwan, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, diadukan ke polisi karena menjual bibit unggul IF8 tanpa sertifikat yang diproduksi di desanya.

"Hanya karena menjual bibit tanpa sertifikat melalui badan usaha milik desanya, Tgk Mun ditahan. Ini tidak adil," kata Maharadi.

Baca: Rekayasa Kasus Pemerkosaan Akhirnya Terungkap, Pelakunya Sepasang Kekasih yang Gagal Kawin Lari

"Seharusnya Tgk Mun dibimbing dan difasilitasi untuk melabelkan bibit IF8 tersebut. Bukannya malah ditangkap dan dijadikan tersangka," tambahnya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Abdul Hanan, sebelumnya telah membantah telah melaporkan Tgk Mun ke polisi.

Ditahan Polda Aceh

Tgk Munirwan, Keuchik Meunasah Rayeuk Kecamatan Nisam, Aceh Utara meringkuk di tahanan Polda Aceh setelah ditetapkan sebagai tersangka, Selasa (23/7/2019).

Lelaki ini ditahan terkait dugaan tindak pidana memproduksi, mengedar dan memperdagangkan secara komersial benih padi jenis IF8 yang belum dilepas varietasnya dan belum disertifikasi (berlabel).

TGK Munirwan, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, berdiri di depan sel Mapolda Aceh, Selasa (23/7/2019).
TGK Munirwan, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, berdiri di depan sel Mapolda Aceh, Selasa (23/7/2019). (Serambi Indonesia)
Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas