Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Jurnalis TV Jadi Saksi Kasus Penganiayaan Wartawan Saat Demo di Makassar

Dua jurnalis televisi (TV), menjadi saksi kasus kekerasan jurnalis, di Ditreskrimum Polda Sulsel, Makassar, Senin (7/10/2019) siang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dua Jurnalis TV Jadi Saksi Kasus Penganiayaan Wartawan Saat Demo di Makassar
Tribun Timur/Darul Amri
Dua saksi jurnalis televisi, Muh Nur (Tv One) dan Taufiq Lau (Metro Tv) menjalai pemeriksaan kasus kekerasan jurbalis, di Mapolda Sulsel, Senin (7/10/2019). (darul/tribun) 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Dua jurnalis televisi (TV), menjadi saksi kasus kekerasan jurnalis, di Ditreskrimum Polda Sulsel, Makassar, Senin (7/10/2019) siang.

Dua jurnalis Tv itu, M Nur jurnalis TV One dan Taufiq Lau, jurnalis Metro TV.

Mereka menjadi saksi atas kasus yang menimpa jurnalis LKBN kantor berita Antara, Darwin.

Nur dan Taufiq, diperiksa sekitar tiga jam di ruangan tim penyidik Ditreskrimum lantai 1, Polda, Jl Perintis Kemerdekaan Km 16, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Taufiq Lau mengatakan, usai memberikan keterangan kesaksian pemeriksaan ada 20 pertanyaan yang dilayangkan tim penyidik terkait keberadaannya di lokasi kejadian.

"Ada 20 pertanyaan seputar kejadian. Tim penyidik pertanyakan beberapa hal terkait penganiayaan terhadap korban, dan saya sampaikan faktanya," ungkap Taufik Lau.

BERITA REKOMENDASI

Kata Taufiq, saat kejadian itu dia bersama korban meliput polisi yang membubarkan aksi massa Selasa, 24 September 2019 di depan kantor DPRD Sulsel, Kota Makassar.

"Saya jelaskan faktanya, korban waktu itu juga ikut dikeroyok, meskipun saya sudah menyampaikan bahwa korban juga adalah wartawan, tapi masih dikeroyok," ujarnya.

Korban tidak hanya mendapat tindakan penganiayaan, tapi juga ada unsur penghalangan kerja jurnalis, sesuai diatur dalam UU tahun 1999 tentang Pers.

"Ini jelas-jelas melanggar pasal 18 ayat 1 undang-undang (UU) nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Terkait dengan pengadang-adangan kerja jurnalis," tegas Taufiq Lau.

Hal senada juga disampaikan Muh Nur, dia dicecar 20 pertanyaan masih soal kejadian itu.

Bahkan, saat pemeriksaan, ia ceritakan fakta sebenarnya atas penganiayaan itu.

"Saya menjelaskan fakta kejadian, saat itu melihat korban dikeroyok dan dipukul polisi berseragam, saya sudah berusaha melerai dan bilang korban itu jurnalis," kata Nur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas