Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDI-P Belum Bahas Rekomendasi Cawalkot Solo, Hasto Kristiyanto Ungkap Survei Tak akan Jadi Patokan

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyampaikan saat ini PDI Perjuangan belum membahas rekomendasi untuk cawalkot Solo.

Penulis: Nuryanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in PDI-P Belum Bahas Rekomendasi Cawalkot Solo, Hasto Kristiyanto Ungkap Survei Tak akan Jadi Patokan
TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyampaikan saat ini PDI Perjuangan belum membahas rekomendasi untuk cawalkot Solo. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengatakan, belum membahas soal rekomendasi Calon Wali Kota Solo untuk Pilkada 2020 mendatang.

Bakal Calon Wali Kota Solo yang diketahui sudah melakukan uji kelayakan dan kepatutan di DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sabtu (21/12/2019), yaitu petahana Achmad Purnomo dan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyampaikan saat ini pihak partai belum membahas mengenai pemberian rekomendasi tersebut, namun sudah melakukan berbagai pendekatan untuk Pilkada 2020.




"Ya tentu saja berbagai pendekatan dilakukan, tapi kami belum membahas untuk Kota Solo," ujar Hasto Kristiyanto di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (22/12/2019), dikutip dari YouTube Kompas TV.

Hasto berujar, PDI Perjuangan kemungkinan akan mengumumkan nama calon kepala daerah yang direkomendasikan oleh partai, pada rapat kerja nasional (Rakernas) PDI Perjuangan 10-12 Januari 2020 mendatang.

"Beberapa daerah yang dua periode sudah dibahas, bahkan dalam rakernas pertama nanti juga ada kemungkinan beberapa daerah akan kami umumkan," jelasnya.

"Proses masih berjalan, termasuk berbagai kombinasi yang ada," lanjut Hasto.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (21/12/2019). (TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA)
BERITA TERKAIT

Hasto menyampaikan, nantinya PDI Perjuangan akan menentukan banyak hal dari calonnya.

Menurutnya, penentuan itu tidak hanya berdasarkan survei, Hasto pun mengingatkan pada pertarungan Jokowi dengan Fauzi Bowo dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 lalu.

"Survei bukan menjadi patokan untuk kami, ketika Pak Jokowi berhadapan dengan Pak Foke, saat itu Pak Jokowi juga di bawah," ungkapnya.

Hasto menjelaskan, nantinya rekomendasi calon kepala daerah akan diberikan setelah mendapat nama dari DPP PDI Perjuangan.

"Keyakinan partai dan seluruh kedisplinan partai untuk mengamankan rekomendasi dari DPP," katanya.

Kemudian nantinya keputusan rekomendasi kepala daerah akan diserahkan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka yakin berhasil dalam uji kelayakan dan kepatutan yang digelar di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Sabtu (21/12/2019) lalu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas