Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Juru Mudi Kapal Tanker yang Jatuh di Laut Langsa Belum Ditemukan, Pencarian Dihentikan

Juru mudi kapal tanker ini dikabarkan terjatuh ke laut kawasan perairan Langsa - Aceh Timur

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Juru Mudi Kapal Tanker yang Jatuh di Laut Langsa Belum Ditemukan, Pencarian Dihentikan
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Tim Basarnas Provinsi Aceh, Selasa (21/01/2020) menghentikan pencarian awak Kapal STI Jermyn asal Mashall Island berbendera negara Jerman, Devereve Steeve, yang terjatuh ke laut, Minggu (19/01/2020) jelang pagi 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia  Zubir

TRIBUNNEWS.COM, LANGSA -  Tim Basarnas Provinsi Aceh, Selasa (21/01/2020) menghentikan pencarian awak Kapal STI Jermyn asal Mashall Island berbendera negara Jerman, Devereve Steeve, yang terjatuh ke laut, Minggu (19/01/2020) jelang pagi. 

Juru mudi kapal tanker ini dikabarkan terjatuh ke laut kawasan perairan Langsa - Aceh Timur.

Saat kapal itu sedang dalam perjalanan menuju Singapura, sebelumnya bergerak dari Algeria.

Koordinator Basarnas Pos SAR Langsa, Suhengki, kepada Serambinews.com, Selasa (21/01/2020) menyampaikan, hari ini, proses pencarian awak kapal tanker itu telah dihentikan oleh Basarnas Provinsi Aceh dan tim gabungan lainnya.

Namun demikian, pencarian Devereve Steeve juru mudi kapal tanker itu tetap dilanjutkan, dengan melakukan pemantauan dan penyebaran informasi kepada kapal-kapal yang melintas, serta kapal nelayan wilayah Langsa dan Aceh Timur.

Usaha pencarian selama 2 hari (Minggu-Senin) dilakukan Basarnas Aceh dan tim gabungan hasilnya nihil. Maka, sejak hari ini, Selasa (21/1/2020) telah dihentikan, tapi selanjutkan dilakukan dengan pemantauan dan penyebaran informasi", ujarnya. 

Baca: Ulang Tahun ke-60, Hotman Paris Dapat Hadiah Spesial dari Raja Kapal

Baca: BREAKING NEWS: Paha Putus Terbelit Tali Kapal Tanker, Rizki Fardana Warga Banyumas Tewas

Baca: Kapal Tanker Minyak Milik Iran Rusak oleh Ledakan di Dekat Pelabuhan Jeddah

BERITA REKOMENDASI

Disebutkan Suhengki, pencarian awak kapal tanker berbendera Jerman itu dilakukan dengan  KN SAR Kresna milik Basarnas Aceh, juga KMA STI Jermyn yang merupakan kapal yang ditumpangi korban.

Pencarian selama dua hari itu juga melibatkan Helly Agusta AW 139 milik MRSC Langkawi, Malaysia, dengan melakukan penyisiran lewat udara di sekitar laut dimana terjatuhnya juru mudi kapal tenker itu. 

Sebelumnya dilaporkan, seorang awak Kapal STI Jermyn asal Mashall Island berbendera negara Jerman, Devereve Steeve, dilaporkan terjatuh di laut saat berada jalur international, Minggu (19/1/2020) sekitar pukul 04.00 WIB. 

Informasi dihimpun, kapal tanker tersebut sedang bergerak dari Algeria menunuju Singapura. Juru mudi kepal tenker ini, jatuh ke laut ketika kapal ini melintasi jalur international kawasan laut perairan Pereulak, Kabupaten Aceh Timur. 

Koordinator Basarnas Pos SAR Langsa, Suhengki, kepada Serambinews.com, Senin (20/01/2020) menyebutkan, pencarian Devereve Steeve yang berstatus juri mudi Kapal STI Jermyn asal Mashall Island,  dilakukan hari itu.

Pencarian awak kapal tenker berbendera Jerman yang terjatuh ke laut ini dilakukan langsung oleh pihak Basarnas Provinsi Aceh sejak Minggu (19/1/2010), dengan menggunakan KN SAR Kresna.

 Pihak Basarnas Pos SAR Langsa hanya membantu memasok BBM kapal dan persediaan air minum pihak Basarnas Aceh, melalui Pelabuhan Kuala Langsa.

Menurutnya, Basarnas Pos Langsa tidak bisa bergabung melakukan pencarian, karena peralatan kapal yang dimikiki tak mampu menjangkau lokasi terjatuhnya juru mudi kapal tanker yang berada pada jarak 57 mil dari pelabuhan Kuala Langsa. 

 "Kita, Pos SAR Langsa hanya membantu mengedrop BBM dan air minum untuk kapal Basarnas Aceh, melalui Pelabuhan Kuala Langsa," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Pencarian Juru Mudi Kapal Tanker Jatuh di Laut Langsa Dihentikan, Ini yang Dilakukan Petugas SAR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas