Tribun

Tol Pekanbaru-Dumai Jadi Jalan Bebas Hambatan Pertama di Provinsi Riau

Tol sepanjang 131,5 Km melintasi sejumlah wilayah, diantaranya yakni Pekanbaru-Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Dumai

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
Tol Pekanbaru-Dumai Jadi Jalan Bebas Hambatan Pertama di Provinsi Riau
Biro Pers Setpres/Biro Pers Setpres
Suasana Jalan Tol Dumai yang memiliki panjang 131,5 kilometer tampak sudah selasai dan diresmikan Presiden Jokowi secara Virtual dari Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. jum'at (25/9/2020). Peresmian virtual ini membuat seakan tidak ada jarak antara Bogor dengan Dumai. Saat Presiden duduk di tempat yang telah disediakan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Bogor, tampak menyatu dengan posisi Gubernur Riau Syamsuar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta tamu undangan yang berada di Dumai. (TRIBUNNEWS/Biro Pers Setpres) 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Pekanbaru-Dumai yang merupakan bagian dari tol trans Sumatera, Jumat, (26/9/2020).

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan dengan diresmikannya tol tersebut, maka untuk pertama kalinya provinsi Riau memiliki jalan bebas hambatan.

"Alhamdulillah dengan diresmikan ruas tol Pekanbaru-Dumai, pada hari ini, yang merupakan tonggak sejarah adanya pembangunan jalan tol pertama di provinsi Riau," kata Syamsuar dalam acara peresmian tol Pekanbaru-Dumai.

Tol sepanjang 131,5 Km tersebut menurut Syamsuar melintasi sejumlah wilayah, diantaranya yakni Pekanbaru-Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Dumai.

"Sudah pasti akan bermanfaat bukan hanya bagi warga kota Dumai saja, juga bagi warga kabupaten lain, dan semua pelaku usaha akan turut menikmati fasilitas jalan bebas hambatan ini, di dalam kegiatan perekonomian daerah," katanya.

Kota Dumai menurutnya merupakan kota pelabuhan utama Provinsi Riau yang merupakan pintu ekspor dan impor, baik itu komoditi yang berasal dari Riau maupun provinsi tetangga menuju Selat Malaka.

Baca: Jalan Tol Kertosono-Kediri Siap Beroperasi di 2023, Pembebasan Lahan Awal Tahun Depan

Pelabuhan Dumai juga menurutnya dikembangkan sebagai jembatan pelabuhan antar negara yaitu dengan dioperasionalkannya Roro Dumai Malaka, sebagai hasil kesepakatan kerjasama Indonesia, Malaysia, Thailand.

"Dengan dioperasionalkannya Tol Pekanbaru- Dumai akan memperlancar akses ke Pelabuhan Dumai yang akan memperlancar ekspor dan impor sehingga akan memperlancar pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah,"pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai, Sumatera, Jumat, (25/9/2020).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas