Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

960 Siswa Calon Bintara PK Otsus Orang Asli Papua Diberangkatkan Menuju 4 Rindam di Pulau Jawa

Lulus, 960 Siswa Calon Bintara PK Otsus Orang Asli Papua Pria Kodam XVIII Kasuari 2020 diberangkatkan ke Pulau Jawa untuk menjalani pendidikan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 960 Siswa Calon Bintara PK Otsus Orang Asli Papua Diberangkatkan Menuju 4 Rindam di Pulau Jawa
Pendam XVIII Kasuari
Sebanyak 960 Calon Bintara Perwira Karier Otonomi Khusus Orang Asli Papua pria Kodam XVIII Kasuari 2020 diberangkatkan secara bertahap dari Bandara Rendani Manokwari Papua Barat menuju sejumlah Resimen Induk Kodam (Rindam) yang ada di Pulau Jawa mulai Sabtu (31/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 960 Calon Bintara Perwira Karier Otonomi Khusus Orang Asli Papua pria Kodam XVIII Kasuari 2020 yang telah lulus diberangkatkan secara bertahap dari Bandara Rendani Manokwari Papua Barat menuju empat Resimen Induk Kodam (Rindam) yang ada di Pulau Jawa mulai Sabtu (31/10/2020).

Kapendam XVIII Kasuari Kolonel Kav Zubaedi mengungkapkan para siswa calon bintara tersebut diberangkatkan ke Pulau Jawa untuk menjalani pendidikan pembentukan Siswa Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII Kasuari 2020.

Mereka di antaranya akan menjalani pendidikan di Rindam III Siliwangi Bandung, Rindam IV Diponegoro Magelang, Rindam V Brawijaya Jember, dan Rindam Jaya Jakarta.

"Mereka akan dididik di Rindam III Siliwangi Bandung, Rindam IV Diponegoro Magelang, Rindam V Brawijaya Jember, dan Rindam Jaya Jakarta," kata Zubaedi dalam keterangannya pada Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Kasus Pengeroyokan 2 Anggota TNI Berlanjut, Kapolres Bukittinggi: Total Tersangka Jadi 5 Orang

Baca juga: Dijerat Pasal Penganiayaan, 5 Tersangka Pengeroyok Anggota TNI Terancam 7 Tahun Penjara

Zubaedi menjelaskan mereka diberangkatkan menggunakan pesawat komersial secara berangsur sejak Sabtu (31/10/2020) hingga hari ini Senin (1/11/2020).

"Sejak kemarin dan hari ini, para calon siswa Dikmaba Otsus OAP Pria Kodam XVIII/Kasuari telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat komersial menuju ke Yogyakarta pada Sabtu, 31 Oktober 2020 dan ke Surabaya pada Minggu 1 November 2020. Adapun hari Senin 2 November 2020 akan diberangkatkan menuju ke Jakarta dan Bandung," tutur Zubaedi.

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada peserta calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang II  TA. 2020, sebagai motivasi dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, bertempat di Lapangan Makorem 174/ATW, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Papua, Jumat (30/10/2020). (TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI)
Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada peserta calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang II TA. 2020, sebagai motivasi dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, bertempat di Lapangan Makorem 174/ATW, Distrik Tanah Miring, Kab. Merauke, Papua, Jumat (30/10/2020). (TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI) (PUSPEN TNI/PUSPEN TNI)

Zubaedi menjelaskan pengumuman kelulusan calon tersebut dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi Papua Barat Anday Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari Papua Barat.

Sejumlah tahapan tes yang telah dijalani oleh para siswa calon bintara tersebut di antaranya mulai dari tes pemeriksaan administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi sampai dengan pelaksanaan sidang tingkat pusat yang dilaksanakan di di Makodam XVIII Kasuari.

BERITA REKOMENDASI

"Hasilnya 960 peserta dinyatakan lulus,” tambah Zubaedi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas