Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Cerita Pengorbanan Guru di Sumenep, Manfaatkan Boneka Ventriloquis Ajari Anak di Tengah Pandemi 

Pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran dijalankan secara jarak jauh. Sementara akses internet untuk belajar daring tidak tersedia di daerahnya. 

Cerita Pengorbanan Guru di Sumenep, Manfaatkan Boneka Ventriloquis Ajari Anak di Tengah Pandemi 
TribunNewsmaker.com Kolase/ Dok. pribadi Avan Fathurrahman
Kisah Viral Guru Avan Datangi Rumah Siswa di Tengah Wabah Corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minimnya akses internet serta fasilitas ponsel pintar membuat Avan Fathurrahman, guru SD di Sumenep, Madura, memutar otak untuk memberikan pembelajaran kepada anak didiknya. 

Pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran dijalankan secara jarak jauh. Sementara akses internet untuk belajar daring tidak tersedia di daerahnya. 

Avan akhirnya harus mengajar dengan sistem jemput bola, yakni dengan menyambangi rumah siswanya satu per satu. Namun, para siswanya lambat laun merasa jenuh dengan pembelajaran di rumah. 

"Saya harus keliling untuk menemani siswa saya satu per satu belajar di rumah masing-masing. Nah ini memang di awal-awal, anak-anak merasa bosan sebenarnya di rumah. Selain memang dia ingin cepat-cepat kembali ke sekolah. Terus belajar di rumah tanpa kemana-kemana membuat bosan," ujar Avan yang disiarkan channel Youtube BNPB, Rabu (25/11/2020). 

Avan akhirnya mendapatkan ide untuk memberikan pembelajaran dengan menggunakan boneka ventriloquis. Terobosan ini dilakukan agar anak-anak mendapatkan variasi dalam pembelajaran. 

Baca juga: Guru Garda Terdepan Lindungi Anak Didik Menggunakan Cara yang Tepat, Benar dan Bijak

Anak-anak menjadi bersemangat karena merasa dapat bermain sambil belajar dengan medium boneka tersebut. 

"Ini menambah semangat anak-anak, karena ketika belajar seolah-olah bukan hanya dengan saya yang belajar, tapi dengan boneka itu juga yang belajar," ungkap Avan.

Tidak sedikit muridnya yang berinteraksi dengan boneka yang dibawa Avan. Para siswa tidak merasa bosan lagi menjalani pembelajaran di rumah. 

Meski begitu, Avan tidak setiap hari membawa boneka ventriloquis. Hal ini membuat anak-anak menanyakan. 

Viral cerita Pak Guru Avan mendatangi satu-satu muridnya agar tetap bisa belajar di masa pandemi corona. (Facebook/Avan Fathurrahman)
Viral cerita Pak Guru Avan mendatangi satu-satu muridnya agar tetap bisa belajar di masa pandemi corona. (Facebook/Avan Fathurrahman) (Facebook/Avan Fathurrahman)

Akhirnya, Avan membuat inovasi lain dengan membuat permainan ular tangga raksasa. Sehingga anak-anak dapat tetap terhibur selama pembelajaran. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas