Tribun

Program Pengembangan Mangrove di Brebes Jadikan Indonesia Pusat Mangrove Dunia

Mangrove Center of Excellence akan diupayakan seluruh jenis mangrove yang ada di Indonesia akan ada di lokasi ini

Editor: Eko Sutriyanto
Program Pengembangan Mangrove di Brebes Jadikan Indonesia Pusat Mangrove Dunia
ist
Hutan manggrove 

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai lokasi pelaksanaan program Persemaian Mangrove Skala Besar dan Mangrove Center of Excellence oleh pemerintah.

Adapun lokasi Persemaian Mangrove Skala Besar itu sendiri berada di Desa Randusanga Kulon dan Mangrove Center of Excellence di Desa Kaliwlingi dalam kecamatan yang sama, Brebes.

Pemilihan Kabupaten Brebes ini diputuskan dalam rapat koordinasi (Rakor) tingkat menteri beberapa waktu lalu.

Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Sahat Manaor Panggabean mengatakan, lahirnya program pengembangan mangrove ini dilandasi Peraturan Presiden Nomor 120 Tahun 2020 Tentang Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM).

Baca juga: Pemerintah Bakal Bangun Jembatan KA yang Putus Akibat Banjir di Brebes

Presiden Jokowi Widodo ingin ada pusat pengelolaan mangrove modern dan skala besar di Indonesia.

"Selama ini luasan persemaian mangrove skala kecil, sekitar ratusan ribu batang dan umumnya banyak dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan persemaian tersebar di masyarakat kurang tertata dengan baik. Saat ini kita ingin persemaian skala besar sampai sekitar 10 juta batang dalam satu lokasi dengan pendekatan ilmiah," kata Sahat dalam penjelasannya di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Sahat menjelaskan pada Mangrove Center of Excellence akan diupayakan seluruh jenis mangrove yang ada di Indonesia akan ada di lokasi ini.

Baca juga: Perkara Perusakan Mangrove di Kabupaten Belitung Segera Disidangkan

Ia mengungkapkan bahwa dengan adanya kedua program ini akan memberikan dampak positif bagi Indonesia di mata dunia internasional, khususnya dalam hal pengembangan mangrove.

"Keuntungannya dalam skala internasional adalah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah pusat mangrove dunia. Untuk masyarakat Brebes akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru," bebernya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas