Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kisah Inspiratif Asli Indonesia

Kisah Siboen, YouTuber yang Bimbing Warga Pengangguran Raup Penghasilan

Siswanto adalah sosok sederhana yang mampu mengilhami banyak orang untuk berkarya berkat kanal YouTube Siboen channel miliknya

Kisah Siboen, YouTuber yang Bimbing Warga Pengangguran Raup Penghasilan
Istimewa
Siboen yang bernama asli Siswanto (37) saat menunjukan gold button dari YouTube dan penghargaan dari Menteri Sosial RI, Tris Rismaharini, di rumahnya di Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok, Banyumas, pada Rabu (9/6/2021) 

TRIBUNNEWS.COM – Inspirasi bisa datang dari mana saja. Siswanto (37) salah satunya. Sosok sederhana ini mampu mengilhami banyak orang untuk berkarya berkat kanal YouTube Siboen channel miliknya.

Pria yang berasal Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas ini adalah orang yang pekerja keras dan tak pantang menyerah. 

Pada awalnya, keterbatasan ekonomi membuat Siswanto mencoba banyak pekerjaan. Mulai dari mencari rongsokan barang dan menjadi pedagang keliling telah ia lakukan sebelumnya.

Sosok yang akrab disapa Siboen ini pun sudah mencoba cara lain dengan membuka usaha bengkel motor sejak 2016. Namun, hal tersebut tidak berhasil membuat nasibnya berubah menjadi lebih baik.

Tak patah arang, terinspirasi dari berita di TV mengenai kisah sukses Atta Halilintar yang berkarier dan meraup ratusan juta rupiah lewat YouTube, Siboen mulai tertarik untuk mencoba hal yang sama.

Meski mulanya tak percaya, ia pun mencoba peruntungannya di kanal YouTube.

Ia memilih video komedi anak-anak dan membuatnya sebagai konten utama di channel miliknya. Sayangnya, konten tersebut tidak terlalu diminati.

Siboen memutar haluan dengan beralih membuat konten lain. Berbekal bakat dan kemampuannya dalam dunia otomotif, ia membuat konten khusus perbengkelan sepeda motor dengan mengunggah video yang ia rekam di bengkel miliknya.

Pada awalnya, ia mengalami beberapa kesulitan, seperti bagaimana caranya memperbaiki motor keluaran terbaru dan membuat konten menarik.

Namun, tantangan tersebut berhasil ia atasi dengan melihat dan mencontoh video tutorial dari para content creator Youtube lainnya. 

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas