Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pangdam XVIII Kasuari Imbau Tokoh Adat Saireri Ajak Pemuda Bangun Tanah Papua dengan Damai

Pangdam mengajak para pemuda tidak berkonflik karena konflik hanya akan mengakibatkan penderitaan, kesengsaraan, dan kedukaan.

Pangdam XVIII Kasuari Imbau Tokoh Adat Saireri Ajak Pemuda Bangun Tanah Papua dengan Damai
Pendam XVIII Kasuari
Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di Kantor Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Saireri Provinsi Papua Barat, Manokwari pada Senin (20/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengimbau tokoh-tokoh adat Saireri untuk mengajak para pemuda membangun tanah Papua dengan penuh kedamaian.

Ia juga mengimbau mereka agar mengajak para pemuda tidak berkonflik karena konflik hanya akan mengakibatkan penderitaan, kesengsaraan, dan kedukaan.

Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, kata Pangdam, pastinya menginginkan Papua Barat yang merupakan bagian dari Indonesia akan terus tegak berdiri dan berdaulat.

Ia menegaskan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila terbukti menjadi pemersatu bangsa Indonesia hingga saat ini.

Hal tersebut, kata dia, harus terus digali, ditanamkan, dipupuk dan dipelihara untuk selanjutnya diwariskan kepada generasi berikutnya.

Ia meyakini, bahwa nilai-nilai luhur tersebut tidak akan lekang termakan oleh waktu.

Pancasila akan selalu relevan sepanjang masa untuk menghadapi setiap perubahan situasi apapun, guna mengawal tetap kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk di Papua Barat.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan bersama masyarakat adat Saireri di Kantor Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Saireri Provinsi Papua Barat, Manokwari, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Sempat Diserang KKB, Menko PMK Berharap Tenaga Kesehatan di Papua Tetap Bertugas

"Kita harus percaya diri agar mandiri dalam menjaga, mengelola dan melestarikan kekayaan alam yang luar biasa ini, melalui kerja keras bersama yang diiringi inovasi dan kreativitas, sebagai wujud rasa cinta kepada tanah air dan bangsa. Sebagai syaratnya, persatuan dan kesatuan bangsa harus dijaga," kata Cantiasa dalam keterangan resmi Pendam XVIII Kasuari pada Senin (20/9/2021).

Halaman
123
Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas