Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tingkatkan Kompetensi Mitra Strategis, Kominfo Gelar Bimtek di Lima Kota dan Kabupaten

Tahun ini Bimtek diadakan di 5 (lima) kota dan kabupaten yaitu Surabaya, Badung, Semarang, Sleman, dan Bandung.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Tingkatkan Kompetensi Mitra Strategis, Kominfo Gelar Bimtek di Lima Kota dan Kabupaten
HandOut/IST
Plt Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan. 

Reynas Abdila/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Penyuluh Informasi Publik (PIP) Rekrutmen Tahun 2017-2019.

Tahun ini Bimtek diadakan di 5 (lima) kota dan kabupaten yaitu Surabaya, Badung, Semarang, Sleman, dan Bandung.

Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan menjelaskan bimtek bertujuan meningkatkan kompetensi bagi mitra strategis Kominfo dalam melakukan aktivitas komunikasi publik.

“Bertugas sebagai PIP tentu tidak mudah untuk dilaksanakan, apalagi di masa pandemi COVID-19. Tapi saya yakin Bapak-Ibu tetap semangat untuk terus secara masif melakukan penyuluhan,” ujarnya saat memberikan arahan pada acara Bimtek PIP di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (28/9/2021).

Berbekal wawasan dan pengetahuan informasi yang didapatkan saat bimtek, PIP dapat melakukan penyuluhan baik melalui tatap muka, daring, atau bahkan memanfaatkan media sosial sebagai alternatif untuk tetap eksis melakukan diseminasi informasi.

Menurut Bambang, sejauh ini PIP telah memberikan kontribusi dalam membantu komunikasi publik pemerintah. Salah satunya seperti terlihat dari capaian kinerja PIP di wilayah DIY periode Februari-Agustus 2021.

BERITA REKOMENDASI

Realisasi kegiatan telah mencapai 185 kali terdiri dari kegiatan diseminasi informasi tatap muka 122 kali serta melalui daring 62 kali dengan jumlah masyarakat yang terpapar informasi sebanyak 3.042 orang.

Di samping itu, keaktifan PIP DIY untuk melakukan diseminasi informasi melalui media sosial instagram dan facebook juga cukup tinggi mencapai 178 kali.

“Melihat hasil monitoring dan evaluasi tersebut, saya ingin sampaikan apresiasi kepada seluruh PIP khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Atas upaya dan kerja kerasnya untuk melakukan diseminasi informasi masyarakat sehingga mendapatkan informasi yang valid terkait program dan kebijakan pemerintah,” terang Bambang.

Di Tahun 2021, jelasnya, ada beberapa program dan kebijakan prioritas pemerintah yang penting untuk diketahui dan dipahami masyarakat secara luas.

Antara lain, terkait Vaksinasi COVID-19, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Pelatihan Vokasi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Harapan kami, melalui Bimtek ini PIP semakin meningkat komitmen dan semangatnya untuk terus bergerak lebih masif lagi dalam melakukan penyuluhan dan diseminasi informasi,” pungkas Bambang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas