Tribun

Pemerintah Latih Anak Muda Papua, Tokoh Pemuda Papua: Momentum Tingkatkan Pemulihan Ekonomi  

Diangkatnya Billy Mambrasar jadi staf khusus presiden yang salah satu perannya sebagai teman diskusi Presiden Jokowi tentang gagasan-gagasan inovatif

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Eko Sutriyanto
Pemerintah Latih Anak Muda Papua, Tokoh Pemuda Papua: Momentum Tingkatkan Pemulihan Ekonomi  
ist
Tokoh Pemuda Papua, Steve Mara 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Malvyandie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melakukan berbagai upaya dan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Papua.

Di antaranya melaksanakan program pelatihan bagi anak muda Papua dan Papua Barat jadi petani milenial dan pengusaha kelas dunia.

Hal tersebut mendapat sambutan positif dari Tokoh Pemuda Papua, Steve Mara, yang baginya bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan anak muda Papua.

Namun sangat berdampak baik bagi pemulihan ekonomi setelah terdampak Covid untuk saat ini serta di masa datang.

Steve Mara merupakan salah satu anak muda Papua yang tertarik dengan kegiatan diplomasi, beberapa kali menghadiri konfrensi nasional dan Internasional.

Baca juga: Panglima TNI Andika Perkasa akan Gunakan Dasar Hukum Pemerintah Soal Pendekatan Baru di Papua

Dirinya pernah dipercaya menjadi Pimpinan Sidang/Chairperson di Komite World Trade Organisation (WTO) dalam C-7 World Economy and Bussines Conferensi di Uzbekistan.

"Pelatihan petani milenial dan enterpreneur yang diselenggarakan pemerintah pusat bekerja sama dengan Papua Muda Inspiratif, saya kira harus diapresiasi dan dijaga demi peningkatan kualitas SDM. Selain itu, sebagai momentum bagi pemulihan perekonomian Papua dan Papua Barat," ujar Steve Mara dalam keterangannya, Kamis (25/11/2021).

Selain itu, lanjutnya, perhatian pemerintah bagi Papua yaitu dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI. Menurutnya, dua perhelatan akbar tersebut sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami bahagia karena Papua menjadi tuan rumah yang sukses bagi gelaran PON XX dan Papernas XVI. Meski gelaran tersebut berskala nasional dan melibatkan banyak orang, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan kasus Covid-19 karena kedisiplinan menerapkan prokes yang baik. Bahkan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat Papua," tuturnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas