Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dokter ASN Pemprov Sumut yang Jual Vaksin Jatah Napi Divonis Dua Tahun Penjara

Dr Indra Irawan, ASN Pemprov Sumut yang melakukan jual beli vaksin jatah narapidana divonis dua tahun

Editor: Erik S
zoom-in Dokter ASN Pemprov Sumut yang Jual Vaksin Jatah Napi Divonis Dua Tahun Penjara
net
Ilustrasi Dr Indra Irawan, ASN Pemprov Sumut yang melakukan jual beli vaksin jatah narapidana divonis dua tahun 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN- Dr Indra Irawan, ASN Pemprov Sumut yang melakukan jual beli vaksin jatah narapidana (Napi) Rutan Klas IA Tanjunggusta Medan divonis dua tahun penjara.

Hukuman ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), yang sebelumnya meminta agar dr Indra Irawan dihukum empat tahun penjara.

Dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, lelaki yang sempat menangis sesenggukan saat jalani sidang tuntutan kala itu dianggap terbukti melanggar Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 jo. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.




"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dr Indra Irawan dengan pidana penjara selama dua tahun delapan bulan, denda Rp 50 juta, dengan ketentuan apabila tidak dibayar akan diganti dengan pidana penjara selama dua bulan," kata hakim Saut Maruli Tua, Rabu (29/12/2021). 

Baca juga: Akhir Tahun, Binda Jateng Gencarkan Vaksinasi Covid-19, Sasar Anak Hingga Lansia di 4 Kabupaten

Dikatakan hakim, adapun yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah memberantas tindak pidana korupsi, perbuatan terdakwa tidak mendukung program vaksinasi gratis pemerintah, dan terdakwa pernah dihukum.

"Hal meringankan terdakwa berterus terang, terdakwa menyesali perbuatannya, dan terdakwa memohon keringanan," ucap hakim.

Usai mendengar vonis, terdakwa dr Indra Irawan meminta waktu seminggu untuk berpikir apakah menerima atau banding.

BERITA TERKAIT

"Beri waktu seminggu majelis, pikir-pikir," ucapnya.

Dalam dakwaan jaksa disebutkan, keterlibatan dr Indra Irawan dalam perkara jual beli vaksin ini bermula saat ia dihubungi oleh Selviwaty (sudah divonis bersalah) atas suruhan dr Kristinus Saragih (berkas terpisah).

Awalnya, Selviwaty telah menghubungi dokter Kristinus untuk mau mem-vaksin orang-orang yang akan dikoordinir oleh Selvi dan mematok harga dari orang-orang yang akan divaksin. 

Baca juga: 12 Juta Vaksin AstraZeneca Melalui Jalur Pembelian Langsung Tiba di Indonesia

Dimana, uang tersebut kemudian akan diberikan kepada saksi dr. Kristinus dengan jumlah Rp 250.000 perorang sekali suntik dan dilaksanakan 2 kali suntik untuk satu orang sehingga uang yabg diperoleh Rp 500 ribu untuk satu orang.

Hal tersebut pun disepakati oleh saksi dr Kristinus dan telah dilaksanakan beberapa kali. 

Bahwa ketika dr. Kristinus suatu ketika tidak sanggup lagi karena kehabisan stok vaksin, maka atas suruhan dr Kristinus Saragih menyuruh Selviwaty untuk meminta bantuan terdakwa.

Singkat cerita, selanjutnya saksi Selviwaty membuat kesepakatan dengan terdakwa dr. Indra untuk mau melakukan vaksin dengan orang-orang yang akan dikumpulkan oleh saksi Selviwaty dan membuat kesepakatan dimana kepada terdakwa dr Indra akan diberikan uang yang dikumpulkan oleh terdakwa Selviwaty dari orang-orang yang akan divaksin tersebut sebesar Rp.250.000 perorang untuk sekali suntik vaksin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas