Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Teka-teki Penyebab Meninggalnya PMI Kadek Eka di Dubai Akhirnya Terkuak, Dia Terpapar Covid-19

Hingga saat ini belum ada kepastian kapan jenazah bisa dibawa ke tanah air mengingat Kadek Eka meninggal akibat Covid-19.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Teka-teki Penyebab Meninggalnya PMI Kadek Eka di Dubai Akhirnya Terkuak, Dia Terpapar Covid-19
Istimewa
I Kadek Eka Saputra, PMI asal Gianyar Bali yang meninggal dunia di Dubai. 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Teka-teki penyebab meninggalnya I Kadek Eka Saputra, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Gianyar akhirnya terkuak.

Kadek Eka Saputra yang masih berusia 20 tahun ini ternyata meninggal dunia di Dubai, Uni Emirates Arab, Rabu (2/2/2022) akibat terpapar Covid-19.

Kepala UPT BP2MI Wilayah Bali Wiam Satriawan, Senin (7/2/2022) menyebutkan, penyebab meninggalnya Kadek Eka diketahui berdasarkan autopsi yang dilakukan oleh otoritas Uni Emirat Arab (UEA).

"Saat ini komunikasi masih dilakukan dengan KJRI Dubai dan info yang diterima bahwa yang bersangkutan sudah diautopsi otoritas kesehatan setempat dan infonya yang bersangkutan meninggal karena Covid-19," ujarnya.

Ia mengatakan, pihak keluarga sebenarnya sudah mengetahui meninggalnya pemuda asal Banjar Tangkup, Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar itu, Rabu (2/2/2022).

Hanya saja, saat itu keluarga masih ingin mengecek kebenaran kabar tersebut.

Baca juga: PMI Kadek Eka Saputra Meninggal di Dubai, Keluarga Berharap Jenazah Bisa Dipulangkan ke Bali

Dengan bantuan BP2MI, Overseas Training Center (OTC) Bali, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) UEA di Dubai, pihaknya baru mendapat kepastian meninggal korban pada Minggu (6/2/2022).

BERITA REKOMENDASI

Wiam menjelaskan, almarhum merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) yang merupakan lulusan OTC Gianyar.

Eka berangkat secara proses skema PMI mandiri di UPT BP2MI Denpasar dan ber e-KTKLN (kartu tenaga kerja luar negeri) secara mandiri pada Desember 2021 lalu.

Di sana ia bekerja di Armed Forces Officers Club and Hotel Abu Dhabi.

Dia menyebutkan, hingga saat ini belum ada kepastian kapan jenazah bisa dibawa ke tanah air.

Mengingat, Kadek Eka meninggal akibat Covid-19, sehingga berdasarkan regulasi setempat tidak bisa diberangkatkan ke tanah air.

Sebelumnya diberitakan I Kadek Eka Saputra, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Gianyar, Bali dikabarkan meninggal dunia di Dubai, Uni Emirates Arab, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Baru Sebulan Bekerja di Dubai, PMI Asal Gianyar Bali Dikabarkan Meninggal Dunia

Pihak keluarga belum mendapat kejelasan terkait penyebab meninggalnya pria yang berasal dari Banjar Tangkup, Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Gianyar, Bali ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas