Tribun

Harga Minyak Goreng

Temuan 1,1 Juta Kg Minyak Goreng di Deliserdang, Gubernur Edy Rahmayadi: Jangan Buat Gaduh

Edy mengatakan kelangkaan minyak goreng merupakan masalah yang terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Editor: Erik S
zoom-in Temuan 1,1 Juta Kg Minyak Goreng di Deliserdang, Gubernur Edy Rahmayadi: Jangan Buat Gaduh
Tribun Medan
Gudang produsen minyak goreng di Deliserdang yang ditemukan menumpuk 1,1 juta kilogram minyak goreng yang siap dipasarkan. Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara menemukan tumpukan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram di dalam gudang yang merupakan milik dari satu produsen di daerah Deliserdang pada Jumat (18/2/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi angkat bicara terkait penemuan tumpukan minyak goreng 1,1 juta kilogram di gudang milik PT Salim Ivomas Pertama yang terletak di sekitar Kabupaten Deliserdang, beberapa waktu lalu.

Edy mengatakan kelangkaan minyak goreng merupakan masalah yang terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Saat ini memang dengan kelangkaan minyak goreng ini bukan hanya terjadi di Sumatera Utara, ini terjadi di seluruh Wilayah Indonesia," ujar Edy saat diwawancarai usai peninjauan pembukaan isoter Asrama Haji Medan, Senin (21/2/2022).

Menurut Edy, berdasarkan informasi yang didapatnya, ada aktivitas penyaluran minyak goreng di gudang PT Salim Ivomas yang sempat ditemukan menumpuk oleh Satgas Pangan Sumut.

Baca juga: Satgas Pangan Polri Temukan Dugaan Pelanggaran dalam Distribusi Minyak Goreng di 4 Provinsi

"Kemarin ditemukan oleh satgas, satgas itu adalah tim, di satu tempat, Deliserdang ada informasi diduga penimbunan. Tetapi setelah dicoba dipelajari inikan akan dicek kepastiannya oleh hukum,"

"Tapi yang saya dengar bahwa itu dalam jangka waktu 1-2 hari itu keluar masuk minyak dari tempat tersebut karena dia peruntukkannya untuk rumah-rumah makan, untuk mal dan lain sebagainya," ucapnya.

Ia memastikan kasus tersebut masih didalami oleh pihak kepolisian.

"Saya tidak tahu saya hanya mendengar informasi dari petugas saya untuk itu sedang didalami oleh kepolisian, nanti kalau sudah pasti, pasti polisi akan menyampaikan soal hal ini," katanya.

Mantan Pangkostrad itu pun menegaskan saat ini pihaknya sedang mencari solusi tekait kelangkaan minyak goreng khususnya di Sumatera Utara.

Baca juga: Polri: Ibu-ibu Jangan Terpancing Harga Minyak Goreng yang Dijual Murah Secara Online

"Tapi tolong jangan membuat gaduh, iya kalau iya, kalau tidak, nanti menjadi repot semuanya karena semua harus dilayani dan yang paling pasti adalah saat ini memang Indonesia sedang kesulitan minyak goreng bukan hanya di Sumatera Utara. Tapi bukan berarti kita diam, kita sedang mencari solusi untuk menyelesaikan hal ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara menemukan tumpukan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram di dalam gudang yang merupakan milik dari satu produsen di daerah Deliserdang pada Jumat (18/2/2022).

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara, Naslindo Sirait mengatakan pihaknya memang sudah melakukan penelusuran terkait kelangkaan minyak goreng di Sumatera Utara sejak satu minggu yang lalu.

"Memang benar tadi pagi kita menemukan tumpukan minyak goreng di salah satu gudang di Deliserdang. Itu ada 1,1 juta kilogram yang siap dipasarkan namun ditumpuk dalam gudang," ujar Naslindo kepada tribun-medan.com, Jumat (18/2/2022).

Naslindo mengaku sepanjang penelusuran yang dilakukan di lapangan, distribusi minyak goreng memang kerap kosong baik di pasar-pasar maupun ritel.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas