Tribun

Kelompok Bersenjata di Papua

Polda Papua Sebut KKB Numbuk Telenggen Dalang Aksi Penembakan & Pembakaran Rumah Warga di Ilaga

Polda Papua telah memgantongi identitas dari KKB di Kabupaten Puncak, Papua yang melakukan penembakan dan pembakaran rumah warga.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Polda Papua Sebut KKB Numbuk Telenggen Dalang Aksi Penembakan & Pembakaran Rumah Warga di Ilaga
istimewa
Aksi pembakaran mess karyawan PT Martha Tunggal Teknik di Kali Ilame, Kampung Wako di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua pada Sabtu (19/2/2022) sore yang diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani mengungkapkan Polda Papua telah mengantongi identitas dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua yang melakukan penembakan dan pembakaran rumah warga pada akhir pekan lalu.

"Penyerangan itu dari kelompok Numbuk Telenggen," kata Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Rahmadani kepada Tribun-Papua.com melalui pesan singkatnya, Rabu (23/2/2022).

Diketahui, akibat penyerangan dari pembakaran tersebut, satu karyawan dari PT MMT bernama Glen Sumampo terkena tembakan.

KKB memberondong truk yang ditumpangi Glen saat berada di dekat Tugu Kago, Distrik Ilaga, sekira pukul 15.30 waktu setempat.

Akibatnya, korban terkena peluru di bagian rusuk kiri tembus kanan atas.

"Setelah penembakan itu, anggota KKB langsung kabur ke arah tower di Kampung Nipuralome. Tak lama kemudian, terlihat asap tebal dari arah Kali Ilame Kampung Wako yang merupakan mess karyawan PT MTT," kata Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal dalam rilis pers diterima Tribun-Papua.com, Minggu (20/2/2022).

Kata Kamal, personel aparat gabungan TNI-Polri merespon kejadian pembakaran rumah tersebut dan kemudian terjadi kontak tembak dengan KKB yang berlangsung pukul 09.00 WIT hingga pukul 12.20 WIT.

Selain itu, kata Kamal sekira pada pukul 09.20 WIT, Kelompok KKB Gabungan yang merupakan kelompok NT, KM, LW, TK dan TT melakukan pembakaran dua unit rumah/honai milik masyarakat dikampung Nipuraleme, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Kondisi di Ilaga sudah kondusif dan tak ada lagi pengejaran," ujarnya.

Dia mengatakan, bangunan yang dibakar KKB sudah rata dengan tanah.

Seorang saksi yang melaporkan kejadian itu sempat mengintip dari jendela soal adanya sekelompok KKB berlari sambil teriak-teriak dan menenteng 3 pucuk senjata saat melintasi jembatan Kali Ilame.

"Saksi melaporkan kejadian itu ke petugas Polres Puncak. Saat itu posisinya terancam bersama rekan kerja lainnya," kata Kamal.

Sebelumnya, seorang prajurit TNI bernama Praka Fermansyah dari Satgas Lanud Kopasgat terluka pada bagian bahu kanan akibat diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Baca juga: 2 Hari Berturut-turut KKB & KST Berulah, Prajurit TNI-Karyawan Ditembak, Rumah, Pasar, Mess Dibakar

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengatakan KKB kembali melakukan aksinya dengan menyerang anggota TNI yang bertugas di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Sabtu (19/2/2022) pukul 07.56 WIT.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas