Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebelum Berenang di Sungai Aare Swiss, Anak Ridwan Kamil Ternyata Sudah Petakan Titik Aman

Adik Ridwan Kamil yang mewakili pihak keluarga, mengatakan Eril adalah anak yang teladan dan memiliki rasa tanggung jawab.

Editor: Erik S
zoom-in Sebelum Berenang di Sungai Aare Swiss, Anak Ridwan Kamil Ternyata Sudah Petakan Titik Aman
KBRI BERN via 20 MINUTEN
Poster hilangnya Emmeril Khan Mumtadz (23) atau Eril, anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat berenang di Sungai Aare, kota Schonausteg, provinsi Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -  Sebelum berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril terlebih dahulu memetakan titik yang aman.

Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu hingga kini belum ditemukan.

Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil yang mewakili pihak keluarga, mengatakan Eril adalah anak yang teladan dan memiliki rasa tanggung jawab.

"Sifat Eril penuh tanggung jawab dan berdasarkan keterangan keluarga di sana, sebelum berenang Eril sudah memastikan titik mana yang paling aman," ujar Elpi saat jumpa pers secara daring, Sabtu (28/5/2022).

Baca juga: Ridwan Kamil Berterimakasih Atas Dukungan Warga yang Mendoakan Eril

Sebelum berenang di Sungai Aare itu, kata dia, Eril sudah mencoret titik jembatan dan mencari titik yang aman turun ke sungai.

"Eril memastikan titik mana saja, kemudian ada titik jembatan langsung dicoret, turunnya juga mencari titik yang ada tangga. Kemudian memastikan tidak loncat, Eril juga merupakan pemuda yang rajin olahraga dan memiliki sertifikat diving," katanya.

Tak ada Batas Waktu Pencarian

BERITA TERKAIT

Pencarian Emmeril Kahn, anak Ridwan Kamil yang hilang terseret arus sungai di Sungai Aare di Bern, Swiss, masih dilakukan.

Emmeril Kahn hilang pada Kamis (25/6/2022). Pada pencarian tersebut, sempat menggunakan drone thermal untuk melacak suhu tubuh di dalam air.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad mengatakan, suhu air Sungai Aare saat terjadi kasus itu mencapai 16 derajat celcius.

Baca juga: Sungai Aare Lokasi Putra Sulung Ridwan Kamil Hilang Banyak Menelan Korban, Ada 20 Kasus Per Tahun

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama istri, Atalia Praratya masih berada di Swiss untuk ikut pencarian Emmeril Kahn.

"Seperti tadi disinggung, saat kejadian suhu air di sungai sekitar 16 derajat celcius, dengan tingkat kekeruhan agak keruh dibanding saat sebelumnya. Situasi air biru bening terutama kalau tidak hujan, musim panas misalnya, kekeruhan itu berkurang sehingga dengan demikian warnanya biru dan bening," kata Muliaman D Hadad dalam press conference secara virtual, Sabtu (28/5/2022).

Hanya saja, kata dia, penggunaan drone thermal yang digunakan dalam pencarian ada waktu efektifitasnya.

"Drone thermal efektif pada menit awal (kejadian) saat suhu panas badan terdeteksi. Karena itu, menurut tim SAR, (pencarian gunakan drone thermal) maksimal 15 menit setelah kejadian," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas