Tribun

Organisasi Khilafah di Indonesia

Puluhan Anggota Khilafatul Muslimin di Cimahi dan Bandung Barat Deklarasi Kembali ke Pancasila

37 anggota Khilafatul Muslimin di Cimahi dan Bandung Barat deklarasi keluar dari organisasi tersebut usai tiga pentolannya jadi tersangka

Editor: Erik S
zoom-in Puluhan Anggota Khilafatul Muslimin di Cimahi dan Bandung Barat Deklarasi Kembali ke Pancasila
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
37 anggota Khilafatul Muslimin di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendeklarasikan diri keluar dari organisasi tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM, CIMAHI - 37 anggota Khilafatul Muslimin di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendeklarasikan diri keluar dari organisasi tersebut.

Puluhan anggota tersebut merupakan perwakilan setelah tiga pentolannya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan makar.

Baca juga: Khilafatul Muslimin di Lampung Ikrar Janji Setia kepada Pancasila: Atribut Diserahkan ke Polisi

Deklarasi tersebut dilaksanakan di Gedung Pengabdian Polres Cimahi, Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi, Kamis (23/6/2022).

Seorang tokoh Khilafatul Muslimin, Ade Efendi, mengatakan, anggota Khilafatul Muslimin keluar dari kelompok tersebut karena ingin kembali ke pangkuan Pancasila dan bisa kembali kepada wawasan kebangsaan.

"Oleh karenanya, kami mohon bimbingan dan arahan agar tidak kembali ke jalan yang salah," ujar Ade di sela deklarasi di Mapolres Cimahi.

Keluarnya mereka dari kelompok Khilafatul Muslimin ini juga diperkuat dengan adanya aksi lepas seragam yang sempat menjadi kebanggaan mereka saat melakukan aktivitas.

Dalam kesempatan tersebut, Ade mewakili para anggota lainnya meminta maaf jika selama ini aktivitas Khilafatul Muslimin membuat gaduh di kalangan masyarakat.

"Kepada seluruh masyarakat dan seluruh pihak, kami memohon maaf dalam kegiatan kami yang merasa terganggu dan terusik," kata Ade.

Baca juga: Polda Metro Jaya Larang Semua Kegiatan Ormas Khilafatul Muslimin

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, mengatakan, setelah deklarasi ini mereka diminta untuk tidak tidak mudah terdoktrin ajakan yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI.

"Apalagi yang mengarah ke radikalisme dan terorisme, terlebih ibu-ibu yang tidak tahu apa-apa tiba-tiba ikut-ikutan jalan yang salah. Yang kena imbasnya adalah anak dan keturunan kita. Mumpung belum terlalu jauh, mari kembali ke Pancasila," ucap Ngatiyana.

Selain itu, Ngatiyana juga mengingatkan kepada mereka bahwa Pancasila adalah ideologi negara Indonesia, yang merupakan hasil perjuangan dari para pahlawan.

Baca juga: Jemaah Khilafatul Muslimin Bekasi Raya Gelar Deklarasi Setia Pancasila, Ini Tanggapan Polisi

"Ingat, kita tidak dimiliki negara lain, Indonesia yang hanya memiliki keanekaragaman suku bangsa dan agama. Ini wajib menghargai para pahlawan yang telah menghadirkan Pancasila dengan pengorbanannya," katanya. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Lepas Seragam Kebanggaan, Anggota Khilafatul Muslimin di Cimahi Nyatakan Kembali ke Jalan yang Benar

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas