Tribun

Kompas Gramedia Dukung Peningkatan Literasi di IKN, Rayakan 10 Tahun Diaspora Indonesia Global

Sebagai upaya meningkatkan literasi Indonesia, Kompas Gramedia menyalurkan donasi buku melalui program CSR Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Kompas Gramedia Dukung Peningkatan Literasi di IKN, Rayakan 10 Tahun Diaspora Indonesia Global
Sidik Purnomo/IDN Global
(Ki-Ka) Foto bersama Duta Manuntung Balikpapan, Kepala Biro Kompas TV Balikpapan Yanuar Riswandanu, Manajer Iklan Tribun Kaltim M. Eko Wahyu, Sekjen IDN Global Lusie Susantono, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih, Manager Produksi Tribun Kaltim Fransina Luhukay. 

TRIBUNNEWS.COM - Komitmen Kompas Gramedia membantu menumbuhkan budaya baca masyarakat telah terwujud.

Sebagai upaya meningkatkan literasi Indonesia, Kompas Gramedia menyalurkan donasi buku melalui program CSR Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca.

Sebanyak sepuluh paket buku bacaan disalurkan dalam acara “10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement”.

Acara tersebut diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) merupakan suatu organisasi non-politis, nirlaba, independen, dan berskala global yang bertujuan untuk memfasilitasi persahabatan dan kerja sama antar komunitas diaspora di Indonesia.

Donasi buku disalurkan ke beberapa sekolah yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

Bantuan buku ini merupakan komitmen dari Kompas Gramedia untuk membantu menumbuhkan budaya baca masyarakat dalam upaya meningkatkan literasi Indonesia.

Baca juga: Portal TribunPapuaBarat.com Mimpi Pendiri Kompas Gramedia

Bantuan buku tersebut disambut baik dan diterima langsung oleh Koordinator Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat LP2M Unmul sekaligus Ketua Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammad Arifin dan diserahkan langsung oleh Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih.

“Diaspora punya program Buku Jendela Dunia. Kami menggalang teman-teman Diaspora untuk berdonasi secara rutin. Itu dimulai sekarang. Untuk saat ini kami berkolaborasi dengan Kompas Gramedia untuk donasi buku-buku," jelasnya.

Penyerahan donasi AkuBaca Kompas Gramedia
(Ki-Ka) Penyerahan donasi AkuBaca Kompas Gramedia dalam acara 10 Years of Indonesian Diaspora Global Movement di Ibukota Nusantara (IKN) oleh Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih kepada Universitas Mulawarman Muh. Arifin

"Akan disebarkan ke sekolah-sekolah di sekitar IKN. Nanti kami akan melihat bagaimana respons dan kebutuhan selanjutnya, untuk kami merencanakan yang lebih besar lagi. Juga bekerja sama dengan lembaga perguruan tinggi seperti Universitas Mulawarman. Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak manapun,” ujar Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih."

“Kami mengidentifikasi sekolah-sekolah di Kecamatan Sepaku sebagai penerima paket buku. Yang sudah pasti (diberikan) itu ke SD Pemaluan. Di SD ini akan dibuat ruang baca komunitas literasi yang merupakan bagian dari program KKN Universitas Mulawarman.

Adapun paket buku yang diberikan Kompas Gramedia melalui Diaspora menyasar sekolah lain di SMP Tengin Baru dan SMA Bumi Harapan.

Program ini akan keberlanjutan dari Diaspora Indonesia untuk memajukan kualitas pendidikan masyarakat di sekitar IKN.

"Rencananya semua desa dan kecamatan akan mendapat jatah dari Diaspora Indonesia,” ucap Koordinator Pusat Pengembangan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat LP2M Universitas Mulawarman sekaligus Ketua Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammad Arifin.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas