Tribun

Tingkatkan Akses Bacaan Anak di Pulau Rinca, Kompas Salurkan Bantuan Buku

SDN Pulau Rinca sebagai salah satu sekolah di Kabupaten Manggarai Barat menjadi tempat penyaluran donasi buku dari YDKK hibah Kompas Gramedia

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Tingkatkan Akses Bacaan Anak di Pulau Rinca, Kompas Salurkan Bantuan Buku
SDN Pulau Rinca
Apresiasi penerimaan donasi buku dari Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas oleh Siswa SDN Pulau Rinca 

TRIBUNNEWS.COM - SDN Pulau Rinca menjadi tempat penyaluran donasi buku dari Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK).

Di SD yang terletal di Pasir Panjang, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini, donasi buku sebanyak total lima paket buku bacaan, terdiri dari buku bacaan anak jenjang usia SD diberikan.

Adapun SDN Pulau Rinca sebagai salah satu sekolah di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang menerapkan Kurikulum Merdeka dengan kategori belajar mandiri.

Diketahui, bantuan buku tersebut merupakan hibah dari Kompas Gramedia melalui Program CSR Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca.

Bantuan buku disambut baik oleh Kepala Sekolah SDN Pulau Rinca Muhammad Tayeb.

“Donasi buku sangat bermanfaat bagi sekolah kami karena akan meningkatkan kemampuan literasi siswa, sekaligus menambah minat baca bagi siswa/i SDN Pulau Rinca," ucap Kepala Sekolah SDN Pulau Rinca Muhammad Tayeb.

"Banyak keuntungan dan manfaat yang dapat kami peroleh dari donasi buku bacaan ini. Wawasan siswa tentang perkembangan teknologi dan informasi akan bertambah, kemampuan numerasi siswa terhadap kehidupan sehari-hari akan semakin memberikan warna tentang penerapan pembelajaran projek profil Pancasila,” imbuhnya.

Baca juga: Kompas Travel Fair 2022 Tawarkan Paket Khusus Desa Wisata untuk Para Traveler

Kepala Sekolah SDN Pulau Rinca Muhammad Tayeb juga menyampaikan rasa syukur yang mendalam dan harapannya Kompas Gramedia dapat terus menjalankan kegiatan untuk mencerahkan masa depan generasi bangsa.

Buku-buku yang diberikan oleh YDKK harus menempuh perjalanan yang cukup panjang karena dari pihak logistik tidak bisa mengantar sampai titik lokasi sekolah, buku-buku tersebut harus dikirim menggunakan perahu warga setempat dari Labuan Bajo sampai SDN Pulau Rinca.

Proses pengiriman buku dari Dermaga Labuan Bajo
Proses pengiriman buku dari Dermaga Labuan Bajo menuju SDN Pulau Rinca oleh Kepala Sekolah SDN Pulau Rinca Muhammad Tayeb.

Manajer Eksekutif Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Anung Wendyartaka juga menyampaikan bahwa kegiatan donasi buku di SDN Pulau Rinca menjadi tanda bahwa masih banyak masyarakat dan pihak lain yang peduli terhadap akses pendidikan di daerah terpencil.

“Donasi buku untuk siswa-siswi di SDN Pulau Rinca ini menandakan masih tingginya kepedulian sesama warga bangsa di negeri ini, terutama kepada warga atau siswa di daerah terpencil yang memiliki keterbatasan akses dalam prasarana dan sarana pendidikan," ucap Manajer Eksekutif Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Anung Wendyartaka

Dalam kesempatan yang berbeda, Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto mengungkapkan bahwa bentuk kolaborasi ini memiliki tujuan yang sama.

Yaitu membantu fasilitas dalam peningkatan literasi anak di daerah, salah satunya dengan memberikan bantuan buku untuk mempermudah akses bacaan anak-anak di Pulau Rinca.

“Misi kami tetap sama, yaitu meningkatkan literasi dan memberikan akses bacaan kepada anak-anak di seluruh Indonesia, termasuk menjangkau wilayah-wilayah yang cukup jauh, maka dari itu kami juga berterima kasih kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas yang sudah bersedia menerima hibah buku dari Program Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca yang kemudian disalurkan oleh YDKK untuk SDN Pulau Rinca. Kami berharap ke depan akan banyak lagi pihak-pihak yang terlibat dalam membantu meningkatkan fasilitas bacaan di wilayah Indonesia,” ucap Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas