Tribun

Upaya Pemprov DKI Atasi Polusi Udara Lewat Program Uji Emisi Hingga Bus Listrik

Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menangani polusi udara dan iklim, khususnya di wilayah Ibu Kota.

Editor: Content Writer
zoom-in Upaya Pemprov DKI Atasi Polusi Udara Lewat Program Uji Emisi Hingga Bus Listrik
Dok. Pemprov DKI Jakarta
Jajaran Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan uji emisi terhadap sebuah mobil. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menangani polusi udara dan iklim, khususnya di wilayah Ibu Kota.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta terus menggelar uji emisi bagi pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Sebagai informasi, uji emisi merupakan satu di antara langkah Pemprov DKI untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta, serta mendukung program Jakarta Langit Biru.

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengidentifikasi bahwa sumber utama polusi udara di Jakarta berasal dari sektor transportasi, selain sektor industri manufaktur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya terus berupaya memperlebar sayap lokasi uji emisi sejak beberapa tahun belakangan.

"Upaya-upaya tersebut terus kita tingkatkan setiap tahunnya. Di tahun 2021, kami dengan agresif merangkul lebih banyak bengkel yang bisa menyediakan layanan uji emisi dan kampanye yang sangat intens sehingga jumlah kendaraan bermotor yang ikut uji emisi naik 35 kali lipat atau menjadi 465.048 kendaraan," katanya beberapa waktu lalu kepada wartawan.

Di sepanjang tahun 2022, sebanyak 142.237 kendaraan tercatat telah melakukan uji emisi dari total 447 tempat atau bengkel emisi yang tersedia.

Kemudian, Pemprov DKI juga melakukan penerapan disintensif parkir pada enam tempat yakni di IRTI Monas, Samsat Jakarta Barat, Blok M Square, Mayestik, Park And Ride Terminal Kalideres, dan Ruko Interkone Taman Kebun Jeruk.

Selanjutnya, pada tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup DKI bakal menyusun dokumen yang terdiri dari strategi-strategi utama yang dapat mengendalikan pencemaran udara di masa depan.

Berbagai strategi tersebut mencakup penguatan pemantauan, melakukan berbagai kajian pendukung, penyusunan peraturan yang mendukung implementasi kebijakan, dan aksi-aksi nyata lain untuk memperbaiki kualitas udara.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas