Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2022 Tingkat Prov. Kalteng

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar upacara rangka memperingati Hari Santri Nasional yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy.

Editor: Content Writer
zoom-in Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2022 Tingkat Prov. Kalteng
Istimewa
Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat memimpin upacara bendera dalam rangka Hari Santri Nasional. 

TRIBUNNEWS.COM, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy, Sabtu (22/10/2022).

Sebelum memimpin upacara bendera tersebut, H. Edy secara virtual juga menghadiri Apel Hari Santri yang dipusatkan di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur yang diadakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan PWNU, PCNU seluruh Indonesia.

Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf saat memberikan amanat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah terkhusus kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah menetapkan Hari Santri sebagai salah satu hari Nasional sebagai penghormatan atas jasa-jasa para Pahlawan dari kalangan para Kiai dan para santri.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT bahwa atas takdir-Nya kita menerima nikmat yang membesarkan hati dan memberikan kebanggan kepada kita semua santri-santri Indonesia. Tetapi kebanggaan ini tidak boleh hanya berhenti dengan rasa bangga saja. Kebanggaaan atas jasa-jasa besar para pendahulu kita tidak boleh berhenti hanya pada rasa besar hati dan percaya diri saja. Apalagi jangan sampai rasa bangga ini membuat santri-santri hari ini merasa berhak untuk menuntut balas jasa dan merasa punya hak lebih dari yang lain hanya karena jasa-jasa besar pendahulu kita. Nilai dan harga kita tidak ditentukan dari siapa kakek, buyut kita, tetapi dari perbuatan dan sumbangan kita kepada Bangsa dan Negara tercinta,” tegas Yahya Cholil.

Sebagai informasi, bertepatan dengan Peringatan 70 Tahun Resolusi Jihad, Pemerintah memberikan pengakuan peran penting perjuangan para ulama dengan menjadikan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Apresiasi ini disampaikan di Masjid Istiqlal yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015.

Adapun aksi Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 berawal dari seruan KH Hasyim Asy`ari kepada para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia. Instruksi tersebut menyebut untuk membulatkan tekad dalam melakukan jihad membela Tanah Air.

Seusai mengikuti secara virtual, Pemprov. Kalteng menggelar Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (22/10/2022). Upacara dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo. Adapun tema yang diusung ialah “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

BERITA TERKAIT

Edy saat membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk Bangsa dan Negara.

“Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT,” pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Sahli Gubernur dan Asisten Setda Prov. Kalteng, Kalanwil Kemenag Prov. Kalteng, Ketua PW NU, Kepala Perangkat Daerah dan Tokoh agama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas