Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Medan Pencarian Korban Gempa Cianjur Licin jadi Alasan Terhambatnya Evakuasi

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan jalur evakuasi korban gempa Cianjur terhambat karena medan yang licin.

Penulis: Whiesa Daniswara
zoom-in Medan Pencarian Korban Gempa Cianjur Licin jadi Alasan Terhambatnya Evakuasi
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Proses pencarian korban gempa Cianjur tetap dilanjutkan meski cuaca di Desa Cijedil, Cugenang, Cianjur Jawa Barat diguyur rintik hujan, Sabtu (26/11/2022). - Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, medan yang licin dan hujan sejak Sabtu pagi membuat evakuasi korban gempa di Cianjur terhambat. 

TRIBUNNEWS.COM - Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, medan yang dilalui tim gabungan untuk mengevakuasi korban gempa Cianjur licin.

Hal tersebut dikarenkan hujan di wilayah Cianjur, Jawa Barat sejak Sabtu (26/11/2022) pagi.

Tim gabungan yang terdiri dari K9 Polri, Basarnas, dan TNI itu, harus melewati area pemukiman yang tidak luas dan gundukan tanah yang licin.

Sejak pagi hingga malam, tim gabungan berhasil mengevakuasi lima jenazah di wilayah Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Jadi karena cuaca hari ini di Cianjur sudah hujan rintik-rintik sejak pagi, medan pencariannya sangat perlu kehati-hatian karena licin," ujar Dedi, dikutip dari WartaKota.

"Begitu juga saat evakuasi jenazah setelah ditemukan, harus melewati gang sangat sempit dan itu anggota estafet kantong jenazahnya agar bisa sampai ke ambulans," lanjutnya.

Baca juga: Datangi Tempat Pengungsian Korban Gempa Cianjur, Menteri Tri Rismaharini Gunakan Sepeda Motor

Jasad pertama ditemukan di longsoran bawah dekat kali sekira pukul 08.00 WIB di Desa Cijendil, Kecamatan Cugenang.

Sementara itu, kata Dedi, penemuan kedua ditemukan di atas Desa Cijendil sekira pukul 09.20 WIB.

Penemuan kedua ini terdapat dua jenazah, yakni berjenis kelamin laki-laki dan satu balita perempuan berusia sekira dua tahun.

Lalu penemuan ketiga berada di longsoran atas dekat kali Desa Cijendil pada pukul 09.30 WIB berjenis kelamin laki-laki.

"Terakhir, pada pukul 10.55 WIB di pinggir kali longsoran atas Jalan Cariu, Desa Cijendil, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Ditemukan satu jenazah laki-laki dewasa," kata Dedi.

Dedi menuturkan, seluruh jenazah kemudian dibawa ke RSUD Sayang Cianjur untuk dilakukan proses identifikasi.

Baca juga: 50 Jiwa Korban Gempa Cianjur Terpaksa Tidur di Atas Kuburan

Korban Bertambah 318 Orang

Prajurit Korps Marinir TNI AL dan SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 13 jenazah warga yang tertimbun longsor akibat gempa pekan lalu, di Cianjur Jawa Barat, Sabtu, (26/11/2022).
Prajurit Korps Marinir TNI AL dan SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 13 jenazah warga yang tertimbun longsor akibat gempa pekan lalu, di Cianjur Jawa Barat, Sabtu, (26/11/2022). (ISTIMEWA)

Update per Sabtu (26/11/2022) menyebutkan sebanyak 318 orang dinyatakan tewas akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas