Tribun

Kecelakaan Tambang di Sawahlunto

11 Orang Berhasil Dievakuasi, 9 Diantaranya Meninggal Akibat Ledakan Tambang Batubara di Sawahlunto

Sebanyak 9 orang meninggal duna akibat ledakan tambang batubara di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jumat (9/12/2022).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Wahyu Aji
zoom-in 11 Orang Berhasil Dievakuasi, 9 Diantaranya Meninggal Akibat Ledakan Tambang Batubara di Sawahlunto
Istimewa
Sejumlah pekerja menjadi korban insiden meledaknya tambang batubara yang dikelola PT NAL di Parambahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. Petugas tampak kesulitan melakukan evakuasi korban. 

Laporan Wartawan Tribunnews. Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 9 orang meninggal dunia akibat ledakan tambang batubara di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Jumat (9/12/2022).

Hingga pukul 15.33 WIB, tim SAR telah berhasil mengevakuasi 11 orang dari lokasi kejadian.

“1 orang luka berat, 1 orang Kritis, 9 Oorang meninggal dunia. Seluruh korban saat ini masih di RSUD Kota Sawahlunto,” ujar Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kantor SAR Padang, Octavianto dalam video yang diterima tribunnews.com.

Ia mengatakan Tim SAR Gabungan masih  berupaya melakukan evakuasi kepada korban lainnya. Diperkirakan masih ada satu korban lagi yang tertimbun reruntuhan.

Sebelumnya terjadi ledakan di tambang Batu Bara PT. Nusa Alam Lestari (NAL) Parambahan (lubang SD C2/Lori 2) di Kec. Talawi Kab. Sawahlunto, Sumatera Barat pada 9 Desember 2022 pukul 08.30 WIB

Diperkirakan terdapat 12 orang korban yang terperangkap di dalam galian tambang tersebut. Prakiraan awal, ledakan disebabkan oleh tingginya kadar gas Metana/Hidrokarbon (CH4).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas