Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Telah Siapkan 13.000 Vaksin Booster Kedua

Vaksinasi dosis tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang berusia di atas 18 tahun.

Editor: Erik S
zoom-in Dinas Kesehatan Kota Tangerang Telah Siapkan 13.000 Vaksin Booster Kedua
Freepik
(ilustrasi vaksin) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten dr Dini Anggraeni mengatakan 13.000 vaksin booster kedua telah disiapkan. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG- Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten dr Dini Anggraeni mengatakan 13.000 vaksin booster kedua telah disiapkan.

Dosis vaksin Covid-19 booster kedua tersebut  telah disiapkan sejak pekan lalu sebelum libur perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

Baca juga: Kemenkes: Stok Vaksin Covid-19 Aman, 9,3 Juta Dosis Disiapkan untuk Booster Kedua Masyarakat Umum 

Vaksinasi dosis tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang berusia di atas 18 tahun.

"Kurang lebih ada 1.300 vial atau untuk sekitar 13.000 dosis vaksin booster ke dua  Covid-19 yang sudah kami siapkan," ujar dr Dini Anggraeni kepada awak media, Senin (23/1/2023).

Sementara dosis vaksin yang telah disiapkan pada booster kedua tersebut hanya tersedia satu merek produk vaksin Covid-19 Pfizer saja.

"Untuk stok vaksin dosis ke empat atau booster kedua ini, yang kami pakai hanya (vaksin produk) Pfizer," kata dia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi  Covid-19 dosis primer lengkap.

Baca juga: Vaksin Jenis Apa yang Dipakai untuk Booster Kedua? Ini Aturan Kemenkes

BERITA TERKAIT

Oleh karena itu, dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Adapun vaksin booster kedua yang disiapkan telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mendapat rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization  (ITAGI), serta memperhatikan vaksin yang tersedia di masing-masing daerah.

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog dan mekanisme Heterolog.

Baca juga: 7 Fakta Vaksin Booster Kedua yang akan Dimulai 24 Januari 2023

Mekanisme Homolog yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. 

Sedangkan mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di TribunBanten.com dengan judul 13.000 Dosis Vaksin Covid-19 Booster Kedua Disalurkan Dinkes Kota Tangerang

Sumber: Tribun Banten
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas