Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tekan Polusi Debu dan Kebisingan, Kegiatan Pertambangan di Tuban Gunakan Teknik Surface Mining

Pertambangan memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan pembangunan, baik bagi masyarakat maupun industri.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tekan Polusi Debu dan Kebisingan, Kegiatan Pertambangan di Tuban Gunakan Teknik Surface Mining
ist
Kegiatan pertambangan dilakukan dengan penerapan teknik surface mining. Teknik ini dinilai meminimalisasi timbulnya polusi debu, kebisingan, dan getaran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertambangan memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan pembangunan, baik bagi masyarakat maupun industri.

Namun, dalam pelaksanaan pertambangan perlu menerapkan metode kegiatan yang mengedepankan prinsip berkelanjutan.

Pabrik SIG di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, di bagian selatan area tambang batu gamping yang berjarak 700 meter dari area pemukiman penduduk, sejak 2012 telah menerapkan teknik pertambangan surface mining.

Surface mining adalah teknik penambangan tanpa peledakan yang dilakukan di atas permukaan dengan menggunakan mobile milling machine, surface miner engine power 950 HP, untuk pemberaian batu gamping sebagai bahan baku.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, penerapan teknik surface mining ini untuk mengatasi dampak langsung yang ditimbulkan pertambangan, dengan teknik peledakan di lokasi yang berdekatan dengan pemukiman penduduk di jarak 500 meter - 700 meter.

"Pemberaian menggunakan teknik surface mining memiliki keunggulan antara lain meminimalisasi timbulnya polusi debu, kebisingan, dan getaran," kata Vita dalam keterangannya, Jumat (24/3/2023).

BERITA TERKAIT

Selain itu, kata Vita, teknik ini juga meningkatkan kualitas produksi hasil tambang karena dilakukan dengan metode penambangan selektif, serta membentuk permukaan teras penggalian yang bersih dan stabil.

“Selain menambang secara berkelanjutan, SIG juga memulihkan kembali lahan pascatambang dengan melakukan reklamasi dengan penanaman berbagai jenis pohon, diantaranya jati, johor, mahoni, sengon, flamboyan, trembesi, kesambi dan juwet," paparnya.

Baca juga: Geliat Tambang Batu Bara Dinilai Bakal Kerek Usaha Produsen Alat Berat

Hingga Februari 2023, SIG telah melakukan reklamasi lahan pasca tambang batu gamping di Pabrik Tuban seluas 313,36 Ha dan menanam sebanyak 533.200 pohon.

"Program reklamasi yang dilaksanakan SIG melibatkan 527 petani binaan yang tergabung dalam 24 kelompok untuk menggarap lahan green belt," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas