Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi dan Keluarga Nyaris Memakan Buah yang Mengandung Formalin, Ditemukan 3 Jam sebelum Disantap

Rombongan Presiden Jokowi nyaris menyantap makanan jenis buah yang mengandung formalin saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Penulis: Faisal Mohay
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Jokowi dan Keluarga Nyaris Memakan Buah yang Mengandung Formalin, Ditemukan 3 Jam sebelum Disantap
Instagram.com/jokowi
Foto Presiden Jokowi dan Keluarganya saat mengunjungi lokasi pelaksanaan KTT tersebut di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Presiden Jokowi dan keluarganya dikabarkan nyaris makan buah yang mengandung formalin saat liburan di Labuan Bajo. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak keluarganya untuk berlibur ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sejak Sabtu (22/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023).

Selain berlibur, kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo untuk meninjau kesiapan jelang KTT ASEAN Summit 2023 yang akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

Ketika berada di Labuan Bajo, Jokowi nyaris menyantap makanan jenis buah yang diduga mengandung formalin.




Makanan tersebut diperoleh dari salah satu tempat makan di Labuan Bajo.

Baca juga: Relawan Sebut Ganjar Pranowo Sebagai Sosok yang Mau Turun ke Bawah: Bisa Ikuti Kesuksesan Jokowi

Sebelum disantap oleh Jokowi dan keluarganya, tim Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) melakukan pengujian dan menemukan makanan yang mengandung formalin.

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin menjelaskan makanan tersebut belum disantap oleh Jokowi dan keluarga karena telah dipisahkan oleh petugas.

Ia memastikan semua makanan yang dikonsumsi oleh rombongan Jokowi selama di Labuan Bajo aman dan tidak mengandung bahan berbahaya.

BERITA TERKAIT

"Ditemukan tiga jam sebelum jam makan Bapak Presiden sehingga bahan yang mengandung formalin itu dipisahkan."

"Hanya satu sampel itu yang mengandung formalin, selain itu semuanya aman sampai bapak (Jokowi) pulang," paparnya, Rabu (26/4/2023), dikutip dari TribunFlores.com.

Terkait tempat makan dan jenis bahan yang teridentifikasi mengandung formalin masih dirahasian oleh pihak Loka POM Manggarai Barat.

Baca juga: Bertolak ke Solo, Presiden Jokowi dan Keluarga Tinggalkan Labuan Bajo

GEMETAR - Sinta, warga Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT saat berfoto dengan Presiden Jokowi dan cucunya Jan Ethes di Goa Batu Cermin, Minggu 23 April 2023. Sinta mengakui gemetar usai foto bersama Presiden Jokowi.
GEMETAR - Sinta, warga Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT saat berfoto dengan Presiden Jokowi dan cucunya Jan Ethes di Goa Batu Cermin, Minggu 23 April 2023. Sinta mengakui gemetar usai foto bersama Presiden Jokowi. (POS-KUPANG.COM/BERTO KALU)

Andirusmin mengungkap ada Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menghidangkan makanan kepada Presiden untuk menghindari adanya zat-zat berbahan seperti Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

"Itu hanya sebatas identifikasi, untuk memastikan apa betul ada kandungan berbahaya harus dilakukan uji lanjut di Balai POM di Kupang untuk memastikan."

"Kalau setara Presiden ketika ada kandungan berbahaya ya untuk amannya tidak usah dihidangkan, begitu SOP nya," tegasnya.

Pengujian sampel makanan yang dilakukan tim Loka POM Manggarai Barat menggunakan alat pengujian cepat (rapid test kit).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas