Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pimpin Apel bersama Panglima TNI, Kapolri Pertebal Personel Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kapolri dan Panglima TNI pimpin apel gelar pasukan gabungan cek kesiapan anggota hingga alutsista pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Pimpin Apel bersama Panglima TNI, Kapolri Pertebal Personel Pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo
Dokumentasi Humas Polri
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau persiapan pengamanan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (3/5/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, NTT - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin apel gelar pasukan gabungan terkait pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (6/5/2023).

Apel ini guna melakukan pengecekan terakhir terkait kesiapan anggota, perlengkapan hingga alutsista sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan aman.

Dalam hal ini, Listyo mengatakan akan ada 12.000 personel gabungan yang akan bertugas mengamankan ajang internasional tersebut.

Padahal sebelumnya, jumlah personel yang disiapkan hanya 2.627 personel gabungan yang akan mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

“Pengamanan mulai dari 7-13 mei 2023 dengan melibatkan lebih dari 12.000 personel gabungan,” kata Listyo dalam sambutannya, Sabtu (6/5/2023).

Listyo menyebut akan ada tiga zona pengamanan. Kemudian, pengamanan dilakukan mulai dari kedatangan VVIP dan VIP, hingga kepulangan dengan pola terbuka dan tertutup.

“Berbagai hal tersebut tentunya disiapkan guna mengamankan KTT ASEAN 2023 dari berbagai situasi ancaman yang mungkin terjadi, seperti aksi kriminalitas, unjuk rasa, gangguan kamsemtibcarlantas, serangan siber, sampai dengan situasi kontigensi terorisme dan bencana alam,” ungkap tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

Siapkan 8 Satgas

Polri mengerahkan delapan satuan tugas (satgas) khusus terkait pengamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran menyebut nantinya satgas dan ribuan personel yang diturunkan akan melakukan dua tahap pengamanan yakni pada side dan main event pada 6-13 Mei 2023.

"Dalam dua minggu ke depan kami akan melaksanakan pengamanan KTT ASEAN untuk memastikan pelaksanaan acara tersebut berjalan aman, lancar dan aman," kata Fadil dalam keterangan tertulis, Rabu (3/5/2023).

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran mengecek persiapan pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo.
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Fadil Imran mengecek persiapan pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo. (Dokumen Baharkam Polri)

Fadil merinci 8 Satgas yang akan ditugaskan dalam Operasi Komodo 2023 yakni Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops.

Ia mengatakan masing-masing Satgas tersebut akan dipimpin oleh jenderal bintang satu. 

Satgas Preemtif akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam Polri Brigjen Djati Wiyoto.

Lalu, Satgas Preventif akan dipimpin oleh Dirsabhara Baharkam Polri Brigjen Rudi Antariksawan. Selanjutnya, Satgas Walrolakir dijabat Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan.

Kemudian, Satgas Tindak dipimpin oleh Danpas II Korbrimob Brigjen Arif Budiman, dan Satgas Gakkum dipimpin oleh Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid.

Baca juga: Saat KTT ASEAN Labuan Bajo, Kemenkes Sediakan 1.208 Tes Covid per Hari

Sementara untuk Satgas Anti Teror dipimpin langsung Dirtindak Densus 88 Antiteror Brigjen Soeseno Noerhandoko dan Satgas Humas dipimpin Karopenmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. 

Terakhir, Satgas Banops akan dipimpin Karo Tekkom Div TIK Polri Brigjen Giri Purwanto.

"Tentunya nanti masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center dimana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur mengkoordinasikan keterpaduan pengamanan yang dilaksanakan oleh jajaran Polri," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas