Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fenomena Kader Demokrat di Jawa Barat Mundur Massal, dari Purwakarta hingga Pangandaran, Ada Apa?

Alasan ratusan kader Partai Demokrat ini mengundurkan diri karena merasa tak sejalan dengan dengan kepemimpinan Ketua DPC

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Fenomena Kader Demokrat di Jawa Barat Mundur Massal, dari Purwakarta hingga Pangandaran, Ada Apa?
Istimewa
Partai Demokrat. Memasuki tahun politik, ramai-ramai kader partai berlambang bintang mercy di Purwarkarta, Jawa Barat itu justru mengundurkan diri. 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Memasuki tahun politik, Partai Demokrat justru digoyang dari dalam.

Memasuki tahun politik, ramai-ramai kader partai berlambang bintang mercy di Purwarkarta, Jawa Barat itu justru mengundurkan diri.

Tentu ini bukan kabar baik bagi partai untuk menatap Pemilu 2024.




Seperti diberitakan Tribun Jabar, para pengurus dewan pimpinan cabang (DPC), dewan pimpinan anak cabang (DPAC), ranting hingga pengurus anak ranting Partai Demokrat Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengundurkan diri.

Alasan ratusan kader Partai Demokrat ini mengundurkan diri karena merasa tak sejalan dengan dengan kepemimpinan Ketua DPC Demokrat Purwakarta.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Demokrat Cibatu, Purwakarta, yang mengundurkan diri, Ade Winanto, langkah itu diambil karena sudah tidak sejalan dengan kepimpinan Ketua DPC Demokrat Purwakarta.

"Secara politik kami sudah tidak nyaman dan sejalan lagi dengan ketua DPC. Dengan ini kami menyatakan pengunduran diri sebagai pengurus dan bacaleg. Selain 20 kader jajaran DPAC Cibatu, ikut mundur juga 10 ketua ranting di Cibatu berikut jajarannya. Di Cibatu jumlahnya bisa ratusan," kata Ade Winanto saat konferensi pers pengunduran diri bersama kader Partai Demokrat Purwakarta di Aula RM Ayam Taliwang, Kabupaten Purwakarta Rabu (3/5/2023).

BERITA TERKAIT

Hal yang sama dikatakan Ketua Srikandi yang juga Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Purwakarta, Rini Meilani, dan salah satu Ketua Bidang DPC, Nani Suryani.

"Bagi saya, ini sebenarnya berat. Saya bergabung dengan Partai Demokrat sejak tahun 2006. Tapi apa boleh buat, jika rumah yang sudah saya tempati begitu lama sudah tidak nyaman ditempati, saya harus angkat kaki," kata Rini.

Baca juga: Demokrat Kritik Jalan Rusak Lampung, Salahkan Jokowi karena Prioritaskan Bangun Jalan Tol

Saat ditanya terkait pencalonan Anies Baswedan yang diusung oleh Partai Demokrat, kader yang mengundurkan diri tersebut enggan menjawab.

Mereka beralasan bahwa pengunduran diri ini karena memang sudah tidak sejalan dengan kepimpinan Ketua DPC Demokrat Purwakarta.

Bantahan Ketua DPR Demokrat Purwakarta

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kabupaten Purwakarta membantah bahwa tidak ada ratusan Kader Demokrat Purwakarta yang mengundurkan diri.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Purwakarta, Asep Chandra menyebutkan bahwa yang resmi mengundurkan diri dari Kader Demokrat Purwakarta hanya delapan orang.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas