Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Kabupaten Landak Dilaporkan 3 Orang Meninggal Dunia Kena Rabies

Pemerintah Kabupaten Landak telah berupaya untuk melakukan vaksinasi rabies kepada 41 ribu hewan peliharaan masyarakat

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Di Kabupaten Landak Dilaporkan 3 Orang Meninggal Dunia Kena Rabies
Net
Ilustrasi anjing - Berdasarkan data di lapangan untuk di Kabupaten Landak ada sebanyak 447 korban yang terkena gigitan oleh hewan peliharaan seperti anjing. Dilaporkan tiga orang di Kabupaten Landak yang meninggal karena terkena rabies masing-masing satu orang di kecamatan Banyuke Hulu, Kecamatan Menyuke dan Kecamatan Sengah Temila 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Marpina Sindika Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LANDAK -  Berdasarkan data di lapangan untuk di Kabupaten Landak ada sebanyak 447 korban yang terkena gigitan oleh hewan peliharaan seperti anjing.

Dilaporkan tiga orang di Kabupaten Landak yang meninggal karena terkena rabies masing-masing satu orang di kecamatan Banyuke Hulu, Kecamatan Menyuke dan Kecamatan Sengah Temila.

Hal ini dikatakan Pj Bupati Landak, Samuel,saat mengikuti Rakor Penanggulangan Penyakit Rabies di Provinsi Kalimantan Barat, yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji di Hotel Mahkota Pontianak, Rabu, 14 Juni 2023.

Sedangkan korban meninggal dunia sudah ada 3 orang yang masing-masing tersebar 

"Pemerintah Kabupaten Landak telah berupaya untuk melakukan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan masyarakat. Kurang lebih ada 41.000 dan saat ini yang divaksin ada 5.000 lebih. kita meminta bantuan dari provinsi untuk ketersediaan vaksin rabies," kata Samuel.

Baca juga: Bocah Lima Tahun di Timor Tengah Selatan NTT Meninggal Usai Digigit Anjing Rabies

Samuel juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memberikan vaksin bagib hewan peliharaan seperti, anjing, kucing, monyet dan hewan peliharaan lainya yang bisa menularkan virus rabies.

BERITA TERKAIT

Selain itu juga meminta kepada intansi terkait untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin rabies.

"Dari hasil pertemuan ini, nanti akan dipetakan dan ditinjau di lapangan, serta akan di lakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Rabies. Untuk di Kabupaten Landak saat ini yang menjadi kendala adalah kurangnya jumlah tenaga untuk melaksanakan vaksinasi rabies," pungkas Samuel.

Hadir pula dalam kegiatan itu Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahan Pangan, Dirkeswan, Disbunak Provinsi Kalimantan Barat, Bupati dan Walikota se-Kalimantan Barat. 

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Ada 3 Korban Meninggal Dunia Akibat Rabies di Landak, Samuel Tegaskan Vaksin Rabies Penting

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas